Wisatawan Asal Jerman Tewas Akibat Terjatuh dari Tebing di Pecatu

oleh
Tim SAR mengevakuasi jasad Alina (21) ke RSUD Sanglah. (Ist)
banner 300250

Badung, suarabali.com – Seorang wisatawan asal Jerman tewas akibat terjatuh dari atas tebing di daerah Blue Point Suluban Pecatu, Kuta Selatan, Badung, Bali, Kamis (14/12/2017) sekitar pukul 01.30 WITA. Saat ini, jenazah korban yang bernama Alina (21) ini berada di Rumah Sakit Sanglah.

Kabar adanya wisatawan asing yang tewas akibat terjatuh diterima Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas) pada pukul 04.10 WITA dari anggota Polsek Kuta Selatan, Widana.

Menurut Widana, Balawista mengevakuasi jenazah korban melalui jalan setapak. “Balawista saat itu segera mengevakuasi, karena masih ada akses jalan menuju korban. Takutnya permukaan air laut naik, maka kami segera ambil tindakan,” katanya.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Ketut Gede Ardana mengatakan sesaat setelah menerima laporan pemintaan bantuan, Tim Basarnas langsung menuju lokasi korban terjatuh.

“Ketika terima laporan bahwa korban sudah ditangani oleh potensi SAR terdekat. Kemudian, Basarnas melaksanakan proses evakuasi dan selanjutnya dibawa ke RSUD Sanglah. Di sinilah manfaatnya dari pembinaan serta pelatihan SAR  kepada potensi yang selama ini Basarnas lakukan. Mereka yang terdekat dengan lokasi, bisa cepat bertindak menangani korban sebelum tim SAR tiba,” jelas Ardana.

Ardana mengerahkan tujuh personil menggunakan dua unit rescue trail dan satu unit evacuation vehicle yang dilengkapi peralatan mountainering. Usai melaksanakan evakuasi, jasad korban dibawa ke RSUD Sanglah menggunakan evacuation vehicle.

Potensi SAR yang terlibat selama proses evakuasi berlangsung, yakni Polsek Kuta Selatan, Balawista, dan masyarakat setempat. (Dsd/Sir)