Wagub Sudikerta Minta Gatensi Bali Tingkatkan Kualitas dan Kompetensi

oleh
Wagub Ketut Sudikerta memukul gong sebagai tanda pembukaan Musda Gatensi Bali di Hotel Inna Bali Beach, Sanur, Denpasar, Senin (8/1/2018). (ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta menghadiri acara Musyawarah Daerah (Musda) Gabungan Ahli Teknik Nasional Indonesia (Gatensi) Bali di Hotel Inna Bali Beach, Sanur, Denpasar, Senin (8/1/2018). Gatensi adalah wadah asosiasi profesi yang dibentuk Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi).

Di hadapan peserta Musda Gatensi, Sudikerta mengatakan untuk menghadapi persaingan global, kegiatan konstruksi memerlukan komitmen yang kuat dari seluruh stakeholders, termasuk pemerintah, swasta, dan masyarakat jasa konstruksi.

Itu sebabnya, Gatensi tidak sekadar menambah kuantitas tenaga kerja konstruksi, tetapi juga meningkatkan kualitas dan kompetensinya, sehingga mempunyai standar kualitas yang setara dengan daerah lain. “Juga mampu bersaing di dalam penyelenggaraan jasa konstruksi skala lokal maupun regional, bahkan internasional,” kata Sudikerta.

Menurut dia, salah satu pilar pembangunan ekonomi nasional untuk mewujudkan pertumbuhan dan pemerataan adalah pembangunan infrastruktur. Infrastuktur yang kuat dapat diwujudkan dengan penyelengaraan jasa konstruksi yang baik dan benar.

Penyelengaraan tersebut tidak terlepas dari kesiapan regulasi penyelengaraan jasa konstruksi, peningkatan sumber daya manusia, serta ketersediaan material dan peralatan konstruksi.

“Pemerintah dan pemerintah daerah dituntut mampu menyelenggarakan infrastruktur yang andal dan bermanfaat,” ujarnya.

Gatensi memegang peran penting sebagai wadah komuniksi dan konsultasi anggotanya. Juga berperan penting dalam menyukseskan pembangunan dalam penyelengaraan dan pengembangan jasa konstruksi di Provinsi Bali.

“Saya yakin dengan sinergi antara Gatensi Bali dan pemerintah, khususnya dalam pengembangan dan pembangunan infrastruktur, akan dapat menyukseskan pembangunan daerah menuju Bali yang maju, aman, damai, dan sejahtera,“ imbuhnya. (Sir)