Tawarkan Tarif Hotel Murah, PHRI Bantu Wisatawan yang Tertahan di Bali

oleh
Penutupan Bandara I Gusti Ngurah Rai diperpanjang (ist)
banner 300250

Jakarta, suarabali.com – Bencana alam erupsi Gunung Agung menggugah empati para pengusaha yang tergabung dalam Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). Anggota PHRI memberikan harga termurah bagi wisatawan yang tertahan di Bali.

Erupsi Gunung Agung menyemburkan abu vulkanik hingga 7.000 Mdpl. Kondisi ini membuat Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai ditutup. Akibatnya, ribuan wisatawan terpaksa menangguhkan perjalanan menggunakan pesawat ke daerah lain di luar Bali.

“Teman-teman di Bali sudah sepakat berikan kemudahan diskon. Ada bottom price untuk tamu-tamu,” kata Ketua PHRI Hariyadi Sukamdani di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Selasa (28/11/2017).

Pemberian diskon besar ini bertujuan membantu wisatawan yang tertahan di Bali. Jika penutupan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai masih berlanjut, jumlah wisatawan yang terpaksa menangguhkan perjalanan menggunakan pesawat ke daerah lain di luar Bali bakal bertambah banyak.

Meski demikian, Hariyadi belum bisa memastikan berapa kisaran diskon yang diberikan. Yang pasti, kata dia, diskon hotel diberikan dengan pertimbangan adanya penutupan bandara yang membuat para wisatawan terpaksa memperpanjang masa kunjungannya di Bali.

Dengan mempertimbangkan biaya operasionalnya, hotel-hotel di Bali sepakat menetapkan tarif kamar dengan harga termurah.

“Kami sepakat sama Pak Gubernur (Bali) untuk memberikan best price termurah. Biasanya sih mereka hitungan adcost saja berapa, biaya tenaga kerja, listrik. Kalau sudah mereda, kami blast ke media bahwa Bali aman,” ungkap Hariyadi.

Sebelumnya, Ketua PHRI BPD Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati mengatakan pengusaha hotel di Bali memberikan one night free bagi wisatawan yang mengalami canvelation.

“Ya hotel-hotel memberikan satu malam free menginap untuk wisatawan yang batal kembali ke negarannya akibat bandara ditutup,” jelasnya di Denpasar, Senin (27/11/2017).

Dia menerangkan, selanjutnya para wisatawan akan diberi best available rate untuk hari-hari berikutnya sampai mendapat jadwal keberangkatan.

“Untuk seterusnya pihak hotel akan memberikan harga yang bagus untuk wisatawan yang tinggal di Bali,” ujarnya. (sir)