Sosok Bondan ‘Maknyus’ Winarno di Mata William Wongso

oleh
Bondan Winarno meninggal di usia 67 tahun. (Ist)
banner 300250

Jakarta, suarabali.com – Kabar meninggalnya Bondan Haryo Winarno menaruh duka mendalam bagi berbagai kalangan. Tak hanya keluarganya, para kolega dan sahabat dekatnya pun tak kuasa menahan rasa kehilangan. Selain ucapan dukacita, testimoni berbagai kenangan bersama pakar kuliner yang terkenal dengan istilah “maknyus” ini pun bermunculan.

“Saya merasa sangat kehilangan. Dia penulis kuliner terhebat,” kata William Wongso, yang juga pakar kuliner.

Pendiri Aku Cinta Masakan Indonesia ini mengaku sudah 40 tahun bersahabat dengan Bondan Winarno. Persahabatan yang cukup lama itu membuat William mengetahui betul karakter Bondan. Di mata William, Bondan adalah sosok yang sangat mempertahankan prinsip kebenaran yang kuat.

“Almarhum adalah sosok yang patut diteladani. Orangnya jujur dan tidak suka mengeluh. Pengetahuannya juga sangat universal,” tutur ahli kuliner yang dikenal menguasai seni masakan Eropa dan Asia ini.

William menceritakan, dua tahun lalu Bondan pindah ke Bali. “Dua bulan lalu, Bondan mengundang saya makan di Bali. Saat itu, kondisinya masih terlihat segar banget,”ungkapnya.

Kepada William, Bondan pernah mengutarakan harapannya untuk mempromosikan kuliner Indonesia di luar negeri, seperti Tiongkok dan Thailand.

“Bondan bercita-cita mempromosikan kuliner Indonesia ke seluruh dunia. Dia seorang jurnalis yang hebat,” katanya.

Dikabarkan, Bondan Winarno meninggal dunia di ruang ICU RS Harapan Kita Jakarta, Rabu (29/11/2017) sekitar pukul 09.30 WIB. Pakar kuliner yang juga pengusaha dan politisi ini meninggal akibat gagal jantung. Bondan meninggal dunia di usia 67 tahun. (Sir)