Seluruh Kodim Bali Dikerahkan Antisipasi Bencana Gunung Agung

oleh
Kepala Penerangan Korem Wira Satya 163 Denpasar, Mayor Inf Putu Sukadan saat memberikan keterangan pers di Denpasar, Kamis (30/11/2017) (Foto Ade)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Seluruh Kodim yang ada di Komando Resor Militer 163 Wira Satya Bali saat ini sudah siap dikerahkan ke lokasi bencana Gunung Agung untuk berbagai keperluan evakuasi dan sebagainya. Hal ini disampaikan Kepala Penerangan Korem Wira Satya 163 Denpasar Mayor Inf. Putu Sukadan di Denpasar, Kamis (30/11).

“Seluruh Kodim di Bali saat ini siap dikerahkan. Bukan hanya personil, tetapi berbagai alat utama seperti mobil pengangkut dan sebagainya. Personil tanpa kecuali. Bilamana suatu saat akhirnya Gunung Agung meletus, pasukan dari Kodim di seluruh Bali siap dikerahkan,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini ada sekitar 288 personil yang sudah ditempatkan di beberapa titik di kawasan rawan bencana untuk di lereng Gunung Agung. Bilaman letus, maka akan dikerahkan dari seluruh Kodim.

Jumlahnya banyak, hampir sekitar 800 orang. Selain itu personil dari Kodam IX Udayan juga akan dikerahkan untuk membantu berbagai keperluan yang ada. Saat ini personil sudah ditempatkan di Karangasem di beberapa pos jaga dan Posko Pengungsian.

“Jumlah personil TNI dari Korem Wira Satya 163 terus bersinergi dengan unsur terkait dalam rangka antisipasi bencana Gunung Agung.

Saat ini aktifitas Gunung Agung terus terekam naik. Terekam gempa tremor yang overscale dengan amplitudo 24 mm dengan durasi 24 menit. Selain itu ada juga aktifitas kegempaan vulkanik dangkal dengan jumlah 5 amplitudo 2-6 mm dengan durasi 6-18 detik.

Sementara vulkanik dalam jumlah 2, amplitudo 13-25 mm dengan durasi 27-32 detik. Selain itu sudah ada luapan lahar dingin melalui alur beberapa anak sungai yang terhubung langsung dengan lereng Gunung Agung. (Ade/Tjg)