Ribuan Umat Hindu Ikuti Upacara Melasti di Pantai Masceti Gianyar

oleh
Umat Hindu mengikuti upacara melasti di Pantai Masceti, Gianyar, Kamis (15/3/2018). (Foto: Dsd)
banner 300250

Gianyar, suarabali.com – Ribuan umat Hindu mengikuti upacara melasti di Pantai Masceti, Gianyar, Kamis (15/3/2018). Upacara melasti tersebut untuk menyambut perayaan Hari Raya Nyepi.

Menurut Ida Bagus Oka, warga Gianyar, upacara melasti  merupakan nganyudang malaning gumi ngamet tirta amerta, yang berarti menghanyutkan kotoran alam menggunakan air kehidupan.

“Dalam kepercayaan Hindu, sumber air seperti danau dan laut dianggap sebagai asal tirta amerta atau air kehidupan,” katanya.

Dia menjelaskan, sumber-sumber air tersebut memberikan kehidupan bagi seluruh makhluk hidup, termasuk umat manusia.

“Karena itulah, upacara melasti selalu diadakan di tempat-tempat khusus seperti tepi pantai atau tepi danau. Dalam upacara ini, masyarakat akan datang secara berkelompok ke sumber-sumber air seperti danau dan laut,”paparnya.

Dia menambahkan, yang dibawa adalah pralingga atau pratima atau simbol para Dewata dan alat-alat prasarana yang di pura. Selain itu, ada juga banten atau sesaji yang dibawa oleh umat seperti canang dimana isinya ada bunga-bunga yang ditempatkan di atas janur.

“Doa dari melasti adalah meningkatkan sraddha dan bhakti pada para Dewata manifestasi Tuhan Yang Maha Esa untuk menghanyutkan penderitaan masyarakat,” tutupnya. (Dsd/Sir)