Ribuan Polisi dan TNI Amankan Kedatangan Presiden Jokowi ke Bali

oleh
Ribuan personel gabungan TNI-Polri mengikuti apel pasukan di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Kamis (13/6/2019). (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Irina Joko Widodo rencananya akan membuka kegiatan Pekan Kesenian Bali ke-41 pada Sabtu (15/6/2019). Untuk pengamanan kedatangan rombongan Presiden, ribuan personel gabungan TNI-Polri menggelar apel pasukan di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Kamis (13/6/2019) sekitar pukul 07.30 WITA.

Apel tersebut dipimpin Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri dan dihadiri Karo Ops Polda Bali Kombes Pol. I Nyoman Sumanajaya, Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Ruddi Setiawan serta sejumlah pejabat utama Kodam IX/Udayana.

Dalam amanatnya, Brigjen TNI Kasuri mengatakan Kodam IX/Udayana bersama Polda Bali, Pemerintah Provinsi Bali dan unsur pendukung lainnya akan melaksanakan pengamanan tamu VVIP, yaitu kedatangan Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

“Seluruh stakeholder akan selalu bersinergi sesuai tugas pokok masing-masing agar pengamanan dapat berjalan optimal,” kata Kasuri.

Untuk itu, kata dia, dalam pelaksanaannya dituntut kejelasan tugas dan tanggung jawab serta rantai komando yang efektif serta efisien agar tujuan dan sasaran pengamanan seperti obyek, rute dan tempat pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan baik.

“Apel gelar pasukan Ops Puri Agung VI 2019 ini juga merupakan sarana untuk melaksanakan koordinasi antar unsur yang ada di lapangan untuk menghindari terjadinya hambatan sekecil apapun,” kata Brigjen Kasuri.

Selanjutnya, orang nomor dua di Kodam IX/Udayana ini meminta kepada seluruh peserta apel untuk memahami dan menguasai prosedur tetap pengamanan VVIP sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing. Juga memegang teguh disiplin dan rantai komando secara jelas, tidak lengah serta meningkatkan kewaspadaan terhadap perkembangan situasi di lapangan.

“Jalin komunikasi dan koordinasi antar unsur pengamanan secara optimal serta laporkan setiap perkembangan situasi yang terjadi sesuai hirarki,” tegasnya.

Sementara Karo Ops Polda Bali, Kombes Pol. I Nyoman Sumanajaya menjelaskan, Polda Bali menggelar Ops Puri Agung VI 2019 untuk mengamankan kedatangan Presiden. Pihaknya menerjunkan personel untuk melaksanakan pengamanan terbuka dan tertutup.

Dia meminta seluruh Kasatgas untuk mengecek anggota bawahannya dan sarana prasarana pendukung tugas di lapangan.

“Seluruh Satgas yang terlibat dalam Ops Puri Agung VI agar melaksanakan pengamanan secara all out serta meningkatkan koordinasi dengan TNI dan stakeholder lainnya agar seluruh rangkaian kegiatan Presiden RI beserta Ibu Presiden di Bali berjalan lancar dan sesuai dengan rencana,” kata Sumanajaya. (*)