Polisi Tangkap Komplotan Penipu Online di Denpasar Selatan

oleh
Kapolsek Denpasar Selatan Kompol Nyoman Wirajaya menjelaskan kasus penangkapan komplotan penipu online, Kamis (16/5/2019). (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Unit Reskrim Polsek Denpasar Selatan (Densel) menangkap komplotan penipu online yang mengatasnamakan KSP Sejahtera. Komplotan asal Makasar, Sulawesi Selatan, yang baru dua bulan beraksi di Bali ini dibekuk di Jalan Dukuh Sari, Gang Banteng Sesetan, Denpasar Selatan, Jumat (10/5/2019) lalu.

Tujuh pelaku asal makasar yang ditangkap adalah Herman (31), Irwan (23), Rezki (20), Ahmad Musrabahab (23), Agus (33), dan Sukri (32).

“Modus yang digunakan pelaku, yaitu menyampaikan pesan secara berantai ke beberapa nomor hape yang telah didapat melalui aplikasi, yang isinya ‘Kami dari Koperasi KSP Sejahtera Menawarkan Pinjaman Online Tanpa Anggunan Min 5jt-500jt U/info Chat no telpon wa,” kata Kapolsek Denpasar Selatan Kompol Nyoman Wirajaya kepada wartawan, Kamis (16/5/2019).

Setelah korban membalas chat tersebut, Kapolsek menjelaskan, para pelaku akan menyakinkan korban dengan iming-iming bunga rendah. Setelah korban mentransfer sejumlah uang ke rekening seseorang yang berada di Makasar, maka nomor telepon korban akan diblokir.

“Dalam sebulan komplotan ini bisa meraih keuntungan hingga Rp 30 juta dengan satu pelaku bisa mendapatkan korban hingga 80 orang,” ungkap mantan Kapolsek Kuta ini.

Para pelaku akan dijerat dengan pasal 45 A ayat 1 UU RI No. 19 Tahun 2016 tentang Perubahan UU No. 1 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan Penipuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 378 KUHP.

“Kami mengimbau masyarakat harus cerdas dalam bermedia sosial dan jangan mudah percaya jika menerima pesan yang belum terbukti kebenaranya,” kata Kompol Wirajaya. (*)