Pertumbuhan Lava Gunung Agung 36 Meter Kubik Perdetik

oleh
Kawah puncak Gunung Agung. (Foto Ist)
banner 300250

Karangasem, suarabali.com – Kasubid Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi, Devy Kamil Syahbana mengatakan, Gunung Agung terus aktif terlihat adanya gas-gas magmatik terus terekam dan ada ada sinar api dimalam hari.

“Adanya hal tersebut artinya ada pemanasan dari bawah masih terus berlangsung dan lava dipermukaan kawah Gunung Agung masih mengalami pertumbuhan,”katanya di Karangasem, Sabtu (2/12/2017).

Dia menjelaskan, bahwa saat ini kawah Gunung Agung belum penuh.

“Kalau diukur kosong volume 1dari kawah ini 60 juta meter kubik yang sekarang mingisi sekitar 20 juta meter kubik,” terangnya.

Dia menerangkan, bahwa lava di Gunung Agung saat ini masih sepertiga dari kawah belum melebihi dari puncak atau bibir kawah.

Dia menjelaskan, bahwa rata-rata penambahan volume lava dikawah diestimasikan pertumbuhanya 36 meter kubik per detik. Menurutnya pertumbuhan lava di Gunung Agung tergolong cepat.

“36 meter kubik per detik itu lumayan cepat. Itu daya yang kami dapat setelah dua hari yang lalu. Pertumbuhan volume lava ini tidak linier artinya mungkin saja dia mengalami perlambatan atau berhenti atau tetap,” paparnya.

“Kita lihat kedepan lah aktivitas gunung seperti apa. Apakah efusi ini masih berlangsung atau tidak,” pungkasnya.(Dsd/Tjg)