Peringati Hari Ibu, Ribuan Warga Ikuti Jalan Sehat Keluarga di Lapangan Puputan

oleh
Ribuan warga di Bali mengikuti Jalan Sehat Keluarga yang mengambil start di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala, Renon, Denpasar, Minggu (8/12/2019). (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala, Renon, Denpasar, mendadak jadi lautan manusia, Minggu (8/12/2019). Bertepatan dengan car free day, sekitar pukul 05.30 WITA, ribuan orang mengenakan baju warna putih berdatangan untuk mengikuti jalan sehat keluarga yang diinisiasi oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-91.


Uniknya, para peserta dari berbagai elemen masyarakat tersebut juga ada yang menggunakan aksesoris etnik khas daerah yang mencerminkan Bhineka Tunggal Ika. Suasana akrab dan kekeluargaan diselingi canda tawa mewarnai kegiatan jalan sehat keluarga yang rupanya digelar serentak di seluruh provinsi di Indonesia.

Tepat pukul 06.00 WITA, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Koster didampingi Ketua Bhayangkari Daerah Bali Ny. Barbara Golose dan Ketua Persit Kartika Candra Kirana Daerah IX/Udayana, Ny. Riza Benny Susianto bersama-sama mengibaskan bendera start melepas peserta jalan sehat keluarga.

Kegiatan jalan sehat keluarga ini juga dihadiri oleh Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Benny Susianto, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Wakapolda Bali Brigjen Pol. I Wayan Sunartha, dan kaum perempuan di Provinsi Bali.

Usai melaksanakan jalan sehat keluarga, seluruh peserta mengikuti Senam Sajojo, Senam Maumere, Senam Bali Gemilang, dan Senam Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Panitia juga menyiapkan 2.132 doorprize hiburan dan hadiah utama berupa empat unit sepeda motor listrik kepada peserta jalan sehat keluarga yang beruntung.

Putri Koster mengatakan kegiatan jalan sehat keluarga ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-91 tahun 2019. Menurutnya, peringatan Hari Ibu merupakan upaya untuk menjujung tinggi harkat dan martabat kaum perempuan serta wujud penghargaan dan penghormatan terhadap kiprah, peran, dan pengabdian kaum perempuan dalam kehidupan keluarga, masyarakat bangsa, dan negara.

“Keluarga adalah institusi paling dasar dan penting untuk membangun sumber daya manusia Indonesia yang hebat. Harus diakui bahwa pembangunan berwawasan kesetaraan gender belum sepenuhnya optimal,” kata istri Gubernur Bali ini.

“Namun, telah terjadi peningkatan kualitas hidup kaum perempuan yang ditandai dengan kiprah perempuan dalam berbagai peranan, kondisi dan posisi jabatan strategis, seperti di bidang politik, hukum, pemerintahan, ekonomi, bahkan hingga pertahanan keamanan,” sambung Ny. Putri Koster.

Sementara Direktur Lalu Lintas Polda Bali Kombes Pol. Wisnu Putraselaku Ketua Panitia menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh wanita yang berkesempatan hadir meramaikan kegiatan jalan santai tersebut.

“Semoga para ibu mampu menunjukkan eksistensinya dalam mendukung para suami serta upaya membesarkan putra-putrinya, sehingga pada akhirnya Indonesia menjadi maju,” kata Dirlantas Polda Bali.

Menurutnya, penyelenggaraan kegiatan peringatan Hari Ibu ke-91 ini dilaksanakan melalui gerakan nasional yang disebut dengan “Pekan Perempuan Berdaya Indonesia Maju”. Dimana kegiatan ini dilaksanakan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, organisasi perempuan, lembaga masyarakat pemerhati perempuan, akademisi, dunia usaha, media masa dan masyarakat pada umumnya.

“Kegiatan ini dilaksanakan melalui berbagai acara yang dikemas dengan menonjolkan kreativitas dan kearifan lokal. Kegiatan-kegiatan utama difokuskan untuk mendorong penguatan karakter perempuan yang bersifat partisipatif, edukatif, dan kreatif,” terang Kombes Pol. Wisnu Putra. (*)