Pemkot Denpasar Terima Hibah 100 Wifi dan 200 CCTV untuk Mendukung Smart City

oleh
Mendagri Tjahjo Kumolo mengapresiasi pelayanan cepat lewat program smart city saat mengunjungi pelayanan publik di Graha Sewaka Dharma di Denpasar, Jumat (24/2/2018). (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Keberhasilan Pemkot Denpasar menerapkan program smart city (kota pintar) untuk mengakselerasi pembangunan menarik minat sejumlah perusahaan untuk mengucurkan dana CSR (Corporate Social Responsibility).

Satu di antaranya adalah PT Tower Bersama Group (TBG). Perusahaan ini akan memberikan hibah berupa 100 wifi dan 200 CCTV kepada Pemkot Denpasar. Tujuannya, untuk meningkatkan berbagai sistem program smart city di Kota Denpasar.

Pemberian hibah tersebut diungkapkan oleh Head Digital Smart Cluster & Mobility Development Division TBG, Nia Kurnianingsih, dalam acara diskusi program smart city di Hotel Inna Bali, Kamis (29/3/2018).  Diskusi tersebut juga dihadiri Plt. Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara dan beberapa pimpinan OPD Pemkot Denpasar.

Untuk menumbuhkan masa depan growing the future Kota Denpasar, menurut Nia, smart city harus terintegrasi dengan smart governance, smart mobility, smart healthcare, smart people, dan smart destination. Untuk mencapai smart city, harus dioptimalkan fungsi fiber optik, wifi, dan CCTV.

“Kami dari TBG akan memberikan bantuan 100 wifi dan 200 CCTV kepada Pemerintah Kota Denpasar,” ujar Nia.

Sebelumnya, PT TBG juga pernah memberikan bantuan 4 CCTV dan menjalin kerja sama dengan Pemkot Denpasar untuk mengembangkan pariwisata dan sumber daya manusianya.

Bantuan wifi dan CCTV tersebut memberikan banyak manfaat bagi Pemkot Denpasar, warga, turis, dan PT TGB. Pemkot Denpasar akan meng-cover seluruh kota dengan 4G dan 5G. Hal ini akan meningkatkan layanan telekomunikasi kepada warga dan turis. Juga meningkatkan perekonomian (digital economy) dan pelayanan kepada warga melalui aplikasi smart city.

Sedangkan bagi PT TGB, kata Nia, menjadi peluang untuk pengembangan B2B di wilayah Kota Denpasar, pengolahan dan pemanfaatan big data, penyediaan layanan berbasis digital dari smart city, dan implementasi CSR TBG yang berbasis digital.

”Kemanfaatannya sangat banyak dan dapat dirasakan oleh semua pihak. Maka dari itu, kerja sama ini bisa ditingkatkan,” harapnya.

Plt. Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara mengapresiasi berbagai aplikasi yang ditawarkan oleh PT TBG terkait smart city.

Dari sekian banyak aplikasi smart city yang ditawarkan, menurut dia, Pemkot Denpasar telah menerapkan sebagian besarnya. Buktinya, program smart city yang diterapkan Pemkot Denpasar mendapat peringkat pertama dalam kategori Kota Sedang.

Untuk meningkatkan pelayanan dan pembangunan di Kota Denpasar, Jaya Negara minta kepada dinas terkait untuk mengoordinasikan aplikasi program smart city, khususnya wifi dan CCTV dari PT TBG.

“Dengan  kerja sama ini, diharapkan Denpasar semakin maju dalam segala hal, khususnya pembangunan,” katanya. (*/Sir)