Pemberantasan Mafia Tanah Masuk dalam 10 Commander Wish Kapolda Bali

oleh
Kapolda Bali Irjen Pol. Petrus Reinhard Golose. (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Memasuki tahun kelima masa jabatan Irjen Pol. Petrus Reinhard Golose memegang tongkat komando Kapolda Bali, sejumlah kasus besar yang termasuk dalam transnational and organized crime berhasil diungkap. Keberanian dan sikap tegasnya terhadap para preman membuat masyarakat Bali merasa aman dan nyaman beraktivitas.

Mengawali tahun 2020 yang merupakan tahun Pemilukada Serentak di sejumlah wilayah di Provinsi Bali, Kapolda Bali menyampaikan commander wish kepada 634 personel perwakilan dari masing-masing satker dan Polres jajaran terdiri dari Pamen, Pama, Bintara, dan PNS di Gedung Perkasa Raga Garwita (PRG) Polda Bali, Senin (20/1/2020). Acara ini dihadiri Wakapolda Bali Brigjen Pol. Drs. I Wayan Sunarta dan seluruh Pejabat Utama Polda Bali serta Kapolres/Ta se-Bali.

Ada 10 poin yang menjadi commander wish Kapolda Bali tahun ini. Pertama, menjaga kenyamanan wisatawan di Bali dengan menekan kejahatan jalanan melalui tindakan tegas dan terukur. Kedua, intesifikasi pengungkapan kasus narkoba yang diikuti tindak pidana pencucian uang. Ketiga, perlindungan hukum terhadap perempuan dan anak dari tindakan diskriminasi, eksploitasi maupun kriminalisai.

Keempat, menianadakan kejahatan terorganisir (organized crime), premanisme, mafia tanah, dan illegal debt collector. Kelima, meningkatkan kompetensi sumber daya manusia mulai dari rekruitmen, pembinaan kemampuan bahasa asing, teknologi dan pemanfaatan sport center serta pemanfaatan tenaga kesehatan profesional.

Keenam, bersama masyarakat menekan radikalisme dan terorisme dengan ideologisasi Pancasila serta memanfaatkan museum penanggulangan terorisme. Ketujuh, menjamin pelaksanaan Pemilukada serentak tahun 2020 dengan aman dan damai. Kedelapan, menjamin keamanan investor dan kepastian hukum investasi di bali .

Kesembilan, membudayakan Bali tertib berlalu lintas dengan sarana command center, kerja sama pemangku kepentingan, dan edukasi kepada anak sekolah, tokoh agama serta desa adat. Kesepuluh, pemeliharaan dan perwatan terhadap fasilitas kantor, rumah dinas, kendaraan serta fasilitas penunjang lainnya.

Kapolda Bali Irjen. Pol. Petrus Reinhard Golose menyampaikan, saat ini Polri mendapat kepercayaan yang tinggi dari masyarakat, khususnya di Bali. Salah satu kebanggaan pada dua tahun terakhir ini dapat dikatakan pemeriksaan narkoba di angka 0.

“Saya tegaskan kembali kepada seluruh personel Polda Bali, kita tetap konsisten agar premanisme, mafia tanah, dan ilegal debt colector harus ditiadakan! Ini semua untuk kebaikan generasi putra-putri penerus di Pulau Bali,” kata jenderal bintang dua di pundak ini. (*)