Mobil Listrik Buatan Mahasiswa Polines Raih Juara Dua KMLI

oleh
Mahasiswa Polines dan mobil listrik buatan mereka.
banner 300250

Bandung, suarabali.com – Mahasiswa Politeknik Negeri Semarang (Polines) layak bangga. Sebab, mobil listrik buatan mereka meraih juara umum kedua di ajang Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) IX yang berlangsung di kampus Politeknik Negeri Bandung (Polban), pekan lalu (25/11/2017).

Mobil listrik bernama Abimanyu ini berhasil meraih tiga gelar sekaligus: juara pertama uji efisiensi, juara kedua uji slalom, dan juara ketiga uji kecepatan. “Ini buah kerja keras tim,” kata Dian Prasetyo, Ketua Tim Polines  yang berjuluk Green Peanuts.

Tanpa dukungan dan kerja sama tim yang solid, menurut dia, mustahil bisa meraih hasil maksimal. “Meski dengan waktu persiapan yang mepet, dapat berangkat ikut kompetisi dengan hasil yang tidak mengecewakan,” ungkap mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Polines itu.

Isnandar Rochman, driver tim mobil listrik Polines, mengaku puas atas hasil yang diraih timnya. Kini, tanggung jawab besar berada di pundaknya. Sebagai driver, Isnandar beperan dalam hal menyajikan penampilan terbaik mobil listrik hasil kerja tim.

Mobil listrik buatan mahasiswa Polines ini meraih juara pertama uji efisiensi dengan konsumsi daya 76 watt hour. Di lomba uji slalom, mobil listrik ini meraih juara kedua dengan waktu tempuh 5,11 detik dan melewati 4 police cone. Untuk uji kecepatan, mobil listrik ini meraih juara ketiga dengan jarak tempuh 10 km dalam waktu 13 menit 2 detik.

Kali ini, KMLI diikuti 24 tim dari 21 perguruan tinggi se-Indonesia. Mereka berlomba di enam kategori, di antaranya daya tanjak, percepatan, pengereman, slalom, kecepatan, dan efesiensi. Sementara kategori tambahan, di antaranya poster dan persentasi terbaik, pengemudi terbaik, tim terbaik, mobil dengan desain dan teknologi terbaik, serta rancangan konstruksi terbaik. (Sir)