Menteri ESDM Tegaskan Status Gunung Agung Masih Awas

oleh
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan. (Foto: Dsd)
banner 300250

Karangasem, suarabali.com – Menteri  Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menegaskan status Gunung Agung masih berada di level IV atau awas untuk radius 8 hingga 10 kilometer. Di luar radius itu, kondisi dinyatakan masih aman.

Pernyataan Jonan itu sekaligus membantah informasi yang beredar menyatakan bahwa status Gunung Agung turun menjadi level II atau waspada.

“Berdasarkan keterangan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Geologi (PVBMG) bahwa sampai saat ini status Gunung Agung masih awas. Hal tersebut sesuai dengan kegiatan gunung itu sendiri,” katanya di Pos Pantau Pengamatan Gunung Agung, Rendang, Karangasem, Jumat (22/12/2017).

Dia menerangkan, di alat PVMBG terekam bahwa masih ada gempa-gempa tremor, bahkan juga masih ada letusan.

“PVMBG menyatakan radius bahaya dari Gunung Agung 8 hingga 10 km dari puncak gunung tersebut. Lalu, bagaimana di luar daerah 8 hingga 10 km Gunung Agung?” tanyanya.

“Kalau dilihat dari ketinggian letusan dan juga abu vulkanik, tergantung dengan arah angin.  Kepala PVMBG juga sudah menyatakan bahwa di luar radius 8 hingga 10 km dari Gunung Agung itu aman. Wisatawan yang akan mengadakan kegiatan di Bali cukup aman,” jelasnya. (Sir)