KPK Cegah Pengacara Fredrich Yunadi ke Luar Negeri

oleh
Fredrich Yunadi. (ist)
banner 300250

Jakarta, suarabali.com – Kabar mengejutkan berembus dari gedung KPK.  Hari ini (9/1/2018), KPK melakukan pencegahan ke luar negeri terhadap Fredrich Yunadi, mantan pengacara Setya Novanto.

Selain pengacara Fredrich Yunadi, KPK juga melakukan pencegahan terhadap tiga orang lainnya, yakni wartawan Hilman Mattauch, Reza Pahlevi (ajudan Setya Novanto), dan Achmad Rudyansyah. Empat orang tersebut merupakan saksi kasus dugaan merintangi penyidikan tersangka Setya Novanto.

“Pencegahan terhadap empat orang, yaitu Fredrich Yunadi, Reza Pahlevi, M. Hilman Mattauch, dan Achmad Rudyansyah,” ujar Febri Diansyah, Kabiro Humas KPK, kepada wartawan, Selasa (9/1/2018).

Menurut Febri, KPK sudah mengirimkan surat pencegahan ke luar negeri untuk empat saksi tersebut kepada Kemenkum HAM. Mereka dicegah ke luar negeri selama 6 bulan terhitung sejak 8 Desember 2017.

“Dicegah ke luar negeri selama 6 bulan, karena dibutuhkan keterangannya dan saat dipanggil sedang berada di Indonesia. Dasar hukum Pasal 12 ayat 1 huruf b UU KPK,” tegas Febri.

Febri menjelaskan, empat orang tersebut dicegah ke luar negeri, karena KPK membutuhkan keterangan mereka terkait kasus dugaan merintangi penyidikan.

“Mereka masih dibutuhkan keterangannya untuk KPK. Maka, kami kirim surat pencegahan ke luar negeri,” ujar Febri.

Hilman Mattauch Diperiksa KPK

Hari ini (9/1/2018), KPK juga memeriksa Hilman Mattauch yang menyopiri Setya Novanto saat mengalami kecelakaan di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, pada pertengahan November 2017.

“Iya ditanya seputar itu,” kata Hilman usai diperiksa di gedung KPK, Jakarta, Selasa (9/1/2018).

Mantan kontributor Metro TV itu diperiksa sebagai saksi untuk penyelidikan baru kasus proyek e-KTP yang ditangani KPK. Hilman mengaku diberi 10 pertanyaan selama diperiksa penyidik KPK. “Sepuluh pertanyaan, masih yang sama saja. Sudah, ya,” katanya. (Dtk/Sir)