Kompolnas Apresiasi Pelayanan Polda Bali terhadap WNA

oleh
banner 300250

Denpasar, surabali.com – Rombongan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) bertemu Kapolda Bali Irjen Pol. Petrus Reinhard Golose di Aula Mako Brimob, Tohpati, Denpasar, Jum’at (18/10/2019).

Tim Kompolnas terdiri dari Irjen Pol. (Purn). Yotje Mende, Poengky Indarti, Dede Farhan Aulawi, dan Kombes Pol. Joko Purwanto. Mereka datang untuk menyampaikan hasil pendalaman dan pengumpulan data di bidang SDM, sarana prasarana, dan anggaran di Polda Bali.

Yotje Mende mengatakan, rombongan Kompolnas berada di Bali sejak 14 Oktober 2019. Tim sudah mendatangi kantor Biro Logistik, Biro SDM, Biro Rena, Dit Pamobvit, dan Dit Polairud Polda Bali serta Polresta Denpasar untuk mengetahui apa saja kekurangan dan kendala yang dihadapi Kepolisian Daerah Bali.

“Kami akan melaporkan hasil temuan ini kepada Presiden RI. Temuan positif di Polda Bali akan diangkat, sehingga dicontoh oleh Polda lainnya,” ujarnya.

Menurut dia, salah satu temuan yang harus ditiru oleh Polda lain adalah  pelayanan terhadap Warga Negara Asing (WNA). Bali sebagai destinasi pariwisata terbaik dunia akan dikunjungi banyak wisatawan.

WNA yang liburan ke Bali harus mendapat pelayanan terbaik dari petugas kepolisian dan itu sudah dilakukan oleh personel Ditpamobvit Polda Bali.

“Saya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi terhadap personel Polda Bali yang sudah memberikan pelayan terbaik kepada WNA. Untuk itu, Polda Bali harus intens melaksanakan latihan peningkatan kemampuan bahasa asing. Selain Bahasa Inggris, personel Polda Bali juga harus diberi pelatihan Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang, Bahasa Korea dan lain-lain,” ucap Yotje Mende.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda Bali Irjen Pol. Petrus Reinhard Golose mengucapkan terima kasih kepada Kompolnas yang sudah melaksanakan pendalaman di bidang SDM, sarana prasarana, dan anggaran di Polda Bali.

Jenderal lulusan Akpol tahun 1988 ini menjelaskan, Polda Bali mendapat nilai tertinggi dari tiga lembaga survei terkait tingkat kepuasan dan kepercayaan masyarakat.

“Saat ini gedung Mapolda Bali sedang dilakukan restorasi dan modernisasi. Gedung museum Bom Bali juga dalam tahap pembangunan. Pembangunan fasilitas kantor ini diharapkan dapat membantu dan meningkatkan pelayanan Polri kepada masyarakat,” terang Golose, didampingi Wakapolda Bali Brigjen Pol. I Wayan Sunartha dan Pejabat Utama Polda Bali. (*)