Komisi III DPR Tinjau Kesiapan Pengamanan Natal dan Tahun Baru di Bali

oleh
Kapolda Bali Irjen Pol. Petrus Reinhard Golose saat memberi penjelasan kepada rombongan Komisi III DPR yang berkunjung ke gedung Command Center Polda Bali. (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Komisi III DPR RI meninjau kesiapan pengamanan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 di Provinsi Bali. Wakil Ketua Komisi III dari Fraksi Nasdem, H. Ahmad Sahroni menanyakan data dan informasi terkait pelaksanaan tugas pokok, fungsi, dan kewenangan Polda Bali, Kejati dan Kanwil Kemenkumham Provinsi Bali dalam melakukan pengamanan menjelang Natal dan Tahun Baru.


“Hari Raya Natal dan Tahun Baru selalu membawa makna yang beragam bagi setiap orang dari berbagai latar sosial dan budaya,” kata Ahmad Sahroni saat memimpin kunjungan rombongan Komisi III DPR di Gedung Perkasa Raga Garwita Polda Bali.

Kunjungan Komisi III DPR itu diterima Kapolda Bali Irjen Pol. Petrus Reinhard Golose, Wakapolda Bali Brigjen Pol. I Wayan Sunartha, para Pejabat Utama Polda Bali, Kapolres se-Bali serta Kajati dan
Kakanwil Kemenkumham Provinsi Bali.

Menurut Sahroni, setiap daerah memiliki tradisi khas masing-masing dalam menyambut Natal dan Tahun Baru. Setiap tanggal 25 Desember yang dikenal sangat suci bagi umat Kristiani, kata dia, bagi sebagian kelompok masyarakat diperlakukan sangat istiwewa. Kumpul keluarga merupakan tradisi yang dilakukan turun-temurun menjelang Natal dan Tahun Baru.

“Tradisi itu telah dipelihara sejak dulu dan telah berlangsung turun-temurun. Namun, salah satu hal yang sering menjadi masalah di tengah masyarakat adalah masalah keamanan,”  kata Sahroni.

Sementara Kapolda Bali Irjen Pol. Petrus Reinhard Golose mengucapkan selamat datang kepada rombongan Komisi III DPR RI di Pulau Bali. Golose menyatakan Bali masih tetap aman dan sampai saat ini semua jenis kejahatan menurun dari tahun-tahun sebelumnnya.

“Polda Bali juga memiliki alat canggih yang bisa memantau seluruh pergerakan masyarakat Pulau Bali hanya di dalam gedung Command Center Polda Bali, dengan kelengkapan 979 kamera CCTV yang terpasang di setiap suduh jalan di Pulau Bali,” ujar Golose.

Usai kegiatan Tanya-jawab, rombongan Komisi III DPR RI meninjau Gedung Command Center Polda Bali untuk melihat suasana dan kegunaan gedung tersebut.

Ahmad Sahroni selaku ketua tim mengapresiasi Gedung Command Center Polda Bali. Itu sebabnya, dia menyarankan agar seluruh Polda di Indonesia mencontoh Polda Bali dengan kegunaan Gedung Command Center yang sangat canggih. (*)