Kerja Sama Pertahanan Indonesia-Arab Saudi

oleh
Wakil Ketua Komisi I DPR Hanafi Rais. (Ist)
banner 300250

Jakarta, suarabali.com – Wakil Ketua Komisi I DPR Hanafi Rais berharap agar Indonesia tidak terbawa arus konflik di Timur Tengah pada saat DPR sedang membahas kerja sama pertahanan dengan Arab Saudi.

“Kita sudah diminta untuk mendukung, tetapi Bu Menteri Luar Negeri  mengatakan kita tidak bisa terlibat karena tidak sesuai dengan prinsip politik luar negeri negara kita,” kata Hanafi Rais saat memimpin rapat dengar pendapat Komisi I dengan Kementerian Luar Negeri,  Kementerian Hukum dan HAM, dan Kementerian Pertahanan di ruang rapat Komisi I DPR, Jakarta, Selasa (6/2/2018).

Indonesia hendaknya tidak terbawa arus perkembangan politik terakhir di kawasan Timur Tengah. Ini penting untuk menjaga netralitas Indonesia di tengah konflik Timur Tengah. Dan kerja sama pertahanan dengan Arab Saudi yang kini sedang dibahas di Komisi I DPR RI, diharapkan tak terpengaruh alasan politis.

Saat ini, Arab Saudi  sedang menggalang dukungan dari negara-negara di Timur Tengah untuk mendukung gerakan antiterorisme. Menurut Hanafi, Indonesia tidak perlu larut dalam gerakan tersebut. Sebab, menurut dia, kekuatan terorisme yang berada di Timur Tengah sudah menurun drastis. (Sir)