Kenalkan Ragam Pangan Lokal, Pemprov Bali Gelar Festival Agribisnis

oleh
Pelepasan balon menandai pembukaan Festival Agribisnis ke-7 di Lapangan Niti Mandala, Renon, Denpasar, Kamis (26/7/2018). (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Gubernur Bali Made Mangku Pastika membuka Festival Agribisnis ke-7 tahun 2018 di Lapangan Niti Mandala, Renon, Denpasar, Kamis (26/7/2018). Dalam sambutannya, Gubernur Pastika mengajak masyarakat untuk terus menghidupkan pertanian.


Lebih jauh Gubernur Pastika menegaskan pada era digital ini pun keberadaan pertanian, khususnya pangan, tidak akan bisa tergantikan. Masyarakat akan tetap memerlukan pangan guna mendapatkan tenaga agar bisa hidup dan berkarya. Untuk itu, keberadaan sektor pertanian harus terus ditingkatkan secara kualitas maupun kuantitas.

“Bagaimanapun majunya dan modernnya suatu bangsa akan tetap memerlukan pangan. Pangan tidak mungkin digantikan. Untuk itu, kita harus hidupkan terus sektor pertanian, tingkatkan terus kualitas dan kuantitasnya, ” kata Pastika yang didampingi sejumlah kepala OPD terkait di lingkungan Pemprov Bali.

Terkait penyelanggaraan Festival Agribisnis yang rutin digelar setiap tahun, Gubernur Pastika menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan acara tersebut. Menurut dia, melalui festival maka masyarakat akan tahu keberadaan ragam pangan lokal yang dimiliki serta menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap produk lokal tersebut.

Dari segi bisnis, kata Pastika, pelaksanaan kegiatan ini semakin mendekatkan produsen dengan konsumen, sehingga dapat memotong jalur distribusi. “Sehingga, pangan bisa didapat dengan harga lebih murah dengan kualitas terjamin,” ujar Pastika seperti diberitakan birohumas.baliprov.go.id.

Sementara Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Provinsi Bali Ida Bagus Wisnuardhana dalam laporannya mengatakan, Festival Agribisnis bertujuan memperpendek jalur distribusi dan untuk memperkenalkan dan memasyarakatkan produk pertanian lokal, menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap produk pertanian lokal serta menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengonsumsi sayuran dan buah-buahan untuk kesehatan.

Festival Agribisnis yang mengusung tema “cintai petani, konsumsilah produk pertanian lokal” akan berlangsung selama empat hari (26-29/7/2018) di sebelah timur Monumen Badjra Sandhi Renon.

Pembukaan Festival Agribisnis ke-7 ini ditandai dengan pelepasan balon dan penandatanganan MOU kemitraan pemasaran produk pertanian serta penyerahan hadiah lomba oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika. (*)