Ini Strategi Atasi Penurunan Wisatawan di Bali Akibat Isu Virus Corona

oleh
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama. (Ist)
banner 300250

Jakarta, suarabali.com – Stakeholder pariwisata di Bali akan bersinergi dalam upaya mengatasi dampak penyebaran virus corona atau Covid-19 yang menjadi isu global saat ini. Pemerintah Provinsi Bali juga telah menyiapkan strategi untuk meminimalisasi angka penurunan wisatawan.


Satu di antara strategi tersebut adalah memaksimalkan pasar wisatawan mancanegara dari negara yang tidak terdampak serta memaksimalkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara.

Strategi lainnya yang telah disiapkan, antara lain meminta kepada pemerintah dan maskapai untuk menambah rute penerbangan alternatif seperti dari Vietnam dan India.

Langkah lain yang dapat ditempuh, yakni upaya penurunan harga tiket pesawat penerbangan domestik serta dilaksanakannya berbagai upaya pencegahan masuknya virus corona dengan melakukan pemasangan thermo scanner dan menyiap-siagakan rujukan ke tiga rumah sakit, yakni RS Sanglah, RS Sanjiwani Gianyar, dan RS Tabanan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengatakan di tengah situasi pariwisata yang sedang terdampak wabah virus corona, diperlukan strategi yang komprehensif. Salah satunya dengan menggencarkan penyelenggaraan wisata meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE) yang identik dengan wisatawan berkualitas.

Pada kesempatan ini, Menparekraf turut meresmikan Convention Exhibition Bureau (BaliCEB) sebagai wadah yang mengelola para pelaku usaha MICE di Pulau Dewata menjadi lebih terpadu dan terarah. (*)