Guru Menjadi Teladan dalam Pendidikan Karakter Murid

oleh
Puluhan ribu guru menghadiri perayaan Hari Guru Nasional di Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi, Sabtu (2/12/2017). (Ist)
banner 300250

Kota Bekasi, suarabali.com – Puncak perayaan Hari Guru Nasional  (HGN) 2017 dan HUT ke-72 PGRI diadakan di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Sabtu (2/12/2017). Tahun ini, Hari Guru Nasional mengusung tema: membangun pendidikan karakter melalui keteladanan guru.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, tema tersebut dipilih karena berkaitan erat dengan implementasi Perpres Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Perpres tersebut mengamanatkan guru sebagai sosok utama yang menjadi teladan dalam pendidikan karakter di sekolah.

“Mereka (guru) memiliki tanggung jawab membentuk karakter peserta didik melalui harmonisasi olahhati, olahrasa, olahpikir, dan olahraga,” ujar Mendikbud.

Selain itu, lanjutnya, guru dan tenaga kependidikan juga harus mampu mengelola kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat untuk mengobarkan Gerakan Nasional Revolusi Mental.

Muhadjir menuturkan, urgensi penguatan karakter makin mendesak seiring dengan tantangan berat yang dihadapi bangsa pada masa mendatang. “Saat ini peserta didik adalah calon generasi emas Indonesia tahun 2045. Mereka harus memiliki bekal jiwa Pancasila yang baik guna menghadapi dinamika perubahan yang sangat cepat dan tidak terduga,” tuturnya.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu juga mengajak semua pihak untuk mendukung guru-guru Indonesia agar dapat bekerja keras mewujudkan generasi penerus yang cerdas dan berakhlak mulia. Ia kembali menegaskan, guru harus menjadi sumber keteladanan bagi siswa. “Untuk itu guru harus dapat berperan sebagai the significant othernbagi peserta didik,” katanya. (Sir)