Gunung Agung Erupsi Lagi, Kasbani: Bali Masih Aman

oleh
Kepala PVMBG Kasbani. (Val)
banner 300250

Karangasem, suarabali.com – Gunung Agung kembali erupsi pada Minggu (21/4/2019) sekitar pukul 18.56 WITA. Status gunung ini masih di level III (siaga). Meski demikian, Kepala PVMBG Kasbani mengatakan situasi Bali secara umum masih aman.

Berdasarkan pantauan PVMBG, tinggi kolom abu Gunung Agung teramati 3.000 meter di atas puncak atau 6.142 meter di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm (overscale) dan durasi 1 menit 22 detik.

Kasbani menegaskan, Gunung Agung masih berpotensi terjadi erupsi, baik secara eksplosif (strombolian vulkanian skala kecil) maupun secara efusif (aliran lava ke dalam kawah). “Sementara evaluasi data pemantauan terkini mengindikasikan bahwa potensi untuk terjadinya erupsi besar masih belum teramati,” katanya.

Meski demikian, Kasbani mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan mengikuti informasi dari PVMB.

“Sistim pemantauan dan semua peralatan berfungsi dengan bagus. Tentu Bali masih aman. Daerah luar masih bisa dikunjungi,” ujarnya. (Val)