DIPA DPR Tahun 2018 Mencapai Rp 5,728 Triliun

oleh
Plt Sekjen DPR Damayanti menyerahkan DIPA Tahun Anggaran 2018 kepada unit kerja di Setjen dan BK DPR RI. (Ist)
banner 300250

Jakarta, suarabali.com – Plt. Sekretaris Jenderal DPR, Damayanti, menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2018 kepada unit kerja di Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI. DIPA DPR RI 2018 diharapkan dapat meningkatkan performance dan kinerja institusi DPR pada tahun mendatang.

“Dalam tata kelola pemerintahan yang baik dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, menuntut kita agar pengelolaan keuangan negara dan segala hal yang berhubungan dengan pelaksanaan anggaran dilaksanakan secara transparan, akuntabel, meningkatkan kinerja, dan membawa perubahan bagi Setjen dan BK,” kata Damayanti  saat menyampaikan DIPA Tahun 2018 kepada pejabat eselon I dan II di lingkungan Setjen dan BK DPR, belum lama ini.

Maya – panggilan akrab Damayanti – menjelaskan DIPA DPR Tahun 2018 sebesar Rp 5,728 triliun, yang terdiri dari Satker Dewan sebesar Rp 4,027 triliun dan Satker Setjen sebesar Rp 1,700 triliun.

Pada kesempatan itu, Maya juga mengingatkan kepada seluruh jajaran Setjen dan BK agar pelaksanaan anggaran harus dapat dimulai sejak awal tahun. Sehingga, peran anggaran sebagai stimulus dari suatu kegiatan dapat berjalan.

“Tidak ada alasan untuk menunda anggaran. Meskipun DIPA Tahun 2018 tidak sesuai dengan usulan yang kita ajukan, namun saya berharap kita tetap harus meningkatkan kinerja, dalam pelaksanaan tugas serta tetap melaksanakan langkah-langkah efisiensi dan penghematan,” kata Maya.

Langkah efisiensi itu, tambah Maya, bisa dilakukan dengan mengefisienkan pelaksanaan perjalanan dinas dan penyelenggaran rapat di luar kantor atau di luar jam kerja, yang hanya digunakan untuk kegiatan penting dan mendesak saja.

“Saya mengingatkan bahwa anggaran berbasis kinerja bukan berarti kita menggunakan uang sebanyak-banyaknya dan hasilnya meningkat. Tapi, dengan anggaran yang cukup, rasional dan optimal, kita bisa meningkatkan output dan kinerja kita setinggi-tingginya,” ujarnya.

Maya pun memastikan perencanaan seluruh kegiatan dalam pelaksanaan DIPA 2018 dapat dimulai dari sekarang. Sehingga, jika ada lelang-lelang atau kontrak yang sifatnya kesinambungan, sudah bisa dilaksanakan mulai dari sekarang. Agar pencapaian target kinerjanya, baik kinerja anggaran ataupun kinerja output, dapat dicapai sesuai target yang ditentukan.

“Hal ini memerlukan usaha dan disiplin anggaran dari seluruh unit kerja. Semoga pelaksanaan anggaran tahun 2018 dapat berjalan lancar, yang disertai dengan realisasi sesuai dengan harapan dan lebih dari tahun ini. Dan, kegiatan tidak tertumpu pada akhir tahun, sehingga dapat dikerjakan dari awal tahun 2018,” harap Maya. (Sir)