Dinyatakan Kabupaten Sehat, Gianyar Raih Penghargaan Swasti Saba Wistara

oleh
Mendagri Tito Karnavian di acara pemberian penghargaan Swasti Saba Wistara Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Nasional Tahun 2019 di Ruang Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa (19/11/2019). (Ist)
banner 300250

Jakarta, suarabali.com –Kabupaten Gianyar kembali menerima penghargaan Swasti Saba Wistara Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Nasional Tahun 2019. Ini merupakan penghargaan tertinggi dari tiga tingkatan penghargaan Swasti Sabha atau penyelenggaraan Kabupaten Sehat, yakni Padapa (tingkat pemantapan), Wiwerda (tingkat pembinaan), dan Wistara (tingkat pengembangan).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyerahkan penghargaan tersebut kepada Sekdakab Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya, mewakili Bupati Gianyar di Ruang Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Mendagri Tito Karnavian mengatakan anugerah Swasti Saba Wistara merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat terhadap pelaksanaan program kabupaten/kota sehat. Menurut dia, daerah yang menerima penghargaan berhasil mendorong masyarakat untuk berperan secara aktif, baik sebagai subyek maupun sebagai obyek pembangunan kesehatan.

Tidak hanya itu,  kata Tito, penghargaan Swasti Saba Wistara banyak memberi kontribusi di bidang kesehatan pada Pemkab Gianyar, yang juga memberikan rasa aman dan sehat untuk dihuni penduduknya.

Dengan adanya inovasi manajemen kesehatan lingkungan dan kualitas pelayanan kesehatan yang terbaik, melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan terintegrasi yang disepakati antara masyarakat dan pemerintah daerah.

Sementara Sekda I Made Gede Wisnu Wijaya mengatakan penghargaan Swasti Saba Wistara Kabupaten/Kota Sehat merupakan penghargaan tertinggi di bidang kesehatan yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Gianyar. Penghargaan ini juga sebagai cerminan prilaku hidup bersih dan sehat dari warga Gianyar yang selalu mengalami peningkatan dan sudah membudaya di masyarakat.

“Saya menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak, stakeholder, dan seluruh masyarakat Gianyar yang telah bekerja keras. Penghargaan merupakan wujud kerja keras kita semua, sehingga Kabupaten Gianyar menjadi Kabupaten Sehat,” kata Sekda Wisnu Wijaya.

Ketua Forum Kabupaten/Kota Sehat Kabupaten Gianyar, AA Gde Geria menambahkan, Gianyar meraih penghargaan karena masyarakat Gianyar mempunyai komitmen yang tinggi untuk mewujudkan tatanan kabupaten/kota sehat.

“Apa yang telah menjadi prilaku dan budaya warga Gianyar untuk selalu hidup bersih dan sehat, dengan upaya perbaikan kesehatan melalui partisipasi masyarakat yang terorganisir pada Forum Kabupaten/Kota Sehat,” katanya.

Dia menambahkan, penghargaan tersebut merupakan kebanggaan masyarakat Gianyar, tetapi bukan merupakan target akhir. “Yang paling penting adalah sesudah penghargaan ini berhasil kita raih, bagaimana upaya Pemerintah Kabupaten Gianyar untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya. (*)