Dekranasda Cimahi Belajar di Rumah Belanja Denpasar

oleh
Rumah Belanja Denpasar di Jalan Melati, Denpasar. (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Cimahi mengunjungi Rumah Belanja Denpasar di Jalan Melati, Denpasar, Rabu (6/11/2019).  Rombongan yang dipimpin Ketua Dekranasda Cimahi Hj. Raden Roro Lucyani Priyatna ini diterima Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Made Erwin Suryadharma Sena.

Rumah Belanja yang didirikan Pemkot Denpasar dalam mempromosikan produk IKM ini rupanya membetot perhatian Dekranasda Cimahi. Sebab, Rumah Belanja ini menjajakn beragam produk Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Denpasar.

Keberadaan Rumah Belanja Denpasar menjadi salah satu tempat promosi berbagai produk IKM Denpasar. Dari olahan makanan ringan, kerajinan tangan, tekstil, hingga produk aksesoris. Berada dalam satu kawasan gedung Denpasar Design Centre di Jalan Melati Denpasar yang hingga saat ini telah memfasilitasi ruang promosi sebanyak 256 perajin di Kota Denpasar.

Ketua Dekranasda Cimahi Hj. Raden Roro Lucyani Priyatna mengatakan kehadirannya di Kota Denpasar bersama Ibu Wakil Ketua, OPD terkait Kota Cimahi ingin belajar atau studi tiru terhadap pengelolaan dan pembinaan IKM di Kota Denpasar.

Hal itu tak terlepas dari produk kerajinan Bali telah memiliki ciri dan terkenal di kalangan wisatawan. “Pengemasan produk ini, kami ingin belajar lebih dekat sehingga mampu menjadi studi tiru di daerah kami. Adanya rumah belanja juga menjadi inovasi yang luar biasa dari Pemkot Denpasar dan Dekranasda Denpasar dalam mepromosikan produk perajin,” ujarnya.

Sementara Kadis Koperasi dan UKM Made Erwin mengatakan berbagai produk kerajinan Denpasar dapat dijumpai di Rumah Belanja Denpasar. “Semua produk IKM ada di sini yang tentunya mendapat arahan dari Ketua Dekranasda Denpasar Ny. Selly Dharmawijaya Mantra dan Wakil Ketua Ny. Antari Jaya Negara,” ujarnya.

Diinisiasi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar bersama Dekranasda Denpasar, Dinas Koperasi dan UKM serta OPD terkait, memberikan ruang dan kesempatan dalam promosi produk perajin Kota Denpasar. Menggandeng 256 perajin, Rumah Belanja Denpasar mempromosikan produk IKM.

Menurut Erwin, keberadaan rumah belanja menjadi bagian dari dukungan Pemerintah Kota Denpasar terkait keberadaan produk IKM Denpasar yang kaya ragam, corak dan warna. Di samping dapat ditemui dalam kegiatan pameran produk kerajinan, juga produk kreatif IKM Denpasar dapat dijumpai dan dikoleksi di Rumah Belanja Denpasar.

Muai dari produk oleh-oleh jajanan khas Denpasar, kerajinan pande besi, pernak-pernik aksesoris, sandal, tas, dan tentunya tekstil endek.

Setiap kegiatan kunjungan tamu-tamu kenegaraan juga diajak mengunjungi Rumah Belanja Denpasar. Selain itu, Erwin menjelaskan, keberadaan Rumah Belanja Denpasar bekerja sama dengan pihak perbankan yang hingga saat ini terdapat ratusan produk IKM Denpasar.

Rumah Belanja Denpasar keberadaannya dalam satu kawasan layanan desain Denpasar, dan E-Commerce atau perdagangan secara elektronik. Promosi produk perajin Denpasar tidak hanya di Rumah Belanja, tetapi juga melibatkan produk perajin dalam E-commerce. (*)