BNN Libatkan Pecalang untuk Berantas Peredaran Narkoba

oleh
Pelantikan Relawan Anti Narkoba di Wantilan Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar. (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Sejumlah pecalang di Desa Pekraman Sanur dilantik menjadi Relawan Anti Narkoba. Pelantikan yang berlangsung di Wantilan Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar, Sabtu (16/12/2017) ini dihadiri Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta dan Kepala BNN Komjen Budi Waseso.

Wagub Sudikerta mengapresiasi inisiatif BNN Provinsi Bali yang membentuk para relawan anti narkoba di lingkungan Desa Pekraman. Menurut dia, peran relawan sangat strategis dalam mengedukasi masyarakat desa terkait bahaya narkoba. Para relawan ini juga dapat mengawasi masyarakat apabila ada yang mengedarkan narkoba di lingkungan desa itu sendiri.

“Apabila para relawan ini mendapati pengedar maupun pemakai narkoba di lingkungannya agar segera menghubungi pihak yang berwewenang, baik polisi maupun BNN. Masyarakat tidak boleh main hakim sendiri,” katanya.

Untuk itu, Sudikerta berharap peran aktif relawan dan masyarakat secara umum dapat membawa dampak yang signifikan bagi pemberantasan narkoba di Bali, sehingga masyarakat dapat hidup sehat dan berkualitas.

Di Indonesia, kata Sudikerta, narkoba telah menjadi ancaman serius, terutama bagi generasi muda. Untuk memerangi ancaman ini, kata dia, tidak hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan juga masyarakat dalam fungsi dan tugasnya masing-masing.

“Terutama para relawan yang sudah terbentuk di lingkungan daerah dan kabupaten maupun para relawan yang ada di pedesaan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Wagub Sudikerta juga menyerahkan bantuan kendaraan operasional roda dua kepada Kepala BNN Provinsi Bali untuk diserahkan kepada relawan yang ada di kabupaten dan kota binaan BNN Provinsi Bali. (Sir)