Bertemu Konjen Tiongkok, Gubernur Pastika Tegaskan Wisata Bali Aman

oleh
Gubernur Bali Made Mangku Pastika bertemu Konjen Tiongkok Hu Yinguan. (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Gubernur Bali Made Mangku Pastika menerima kunjungan dari Konsulat Jenderal (Konjen) Tiongkok Hu Yinguan di ruang kerjanya, Rabu (13/12/2017). Kepada Hu Yinguan, Gubernur Pastika menjelaskan kondisi Bali saat ini tetap aman dikunjungi wisatawan. Sebab, daerah terdampak erupsi Gunung Agung hanya radius 10 kilometer.

Pastika menjelaskan status Gunung Agung pada level 4 (awas) hanya berlaku untuk wilayah radius 10 kilometer. Sedangkan wilayah Bali pada umumnya dalam kondisi aman. “Demikian pula dengan kesiagaan petugas, peralatan dan masyarakat saat ini jauh lebih siap dan paham tentang apa yang harus dilakukan jika Gunung Agung benar-benar meletus,” imbuhnya.

Gubernur juga menjelaskan kondisi Bandara Internasional Gusti Ngurah Rai hingga saat ini masih beroperasi normal.

“Saya mohon Yang Mulia Hu Yinguan bisa menyampaikan kepada pemerintah dan masyarakat Tiongkok bahwa  Bali masih aman untuk dikunjungi. Silakan datang berwisata ke Bali. Saya yakin warga Tiongkok masih cinta Bali dan ingin berlibur lagi ke Bali,” ujarnya

Pastika juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Tiongkok yang telah menyalurkan sumbangan bagi para pengungsi Gunung Agung.

Dalam kesempatan itu, Konjen Tiongkok Hu Yinguan menyampaikan keprihatinannya terkait kondisi pariwisata Bali yang terimbas erupsi Gunung Agung.

Menurut dia, Pemerintah Tiongkok mengeluarkan travel warning bukan karena bahaya erupsi Gunung Agung. Namun, penutupan bandara akibat erupsi Gunung Agung yang dapat menghambat perjalanan turis.

“Meskipun travel warning dikeluarkan, namun masih banyak warga negara Tiongkok yang tetap berlibur di Bali. Saya juga berharap Gunung Agung segera normal kembali dan kondisi pariiwsata Bali dapat pulih secepatnya,” ujarnya. (Mkf/Sir)