Berharap Gunung Agung Stabil, Sekda Badung Bakti Penganyaran di Pura Besakih

oleh
Sekda Badung Adi Arnawa saat menghadiri Ngaturang Bakti Penganyaran berkenaan dengan rangkaian Karya Puja Wali di Pura Pasar Agung Besakih Giri Tolangkir, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Karangasem, Rabu (13/11/2019). (Ist)
banner 300250

Karangasem, suarabali.com – Pemerintah Kabupaten Badung mengadakan ngaturang bakti penganyaran di Pura Pasar Agung Besakih Giri Tolangkir, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Karangasem, Rabu (13/11/2019). Kegiatan ini berkenaan dengan rangkaian Karya Puja Wali yang bertepatan dengan Purnama Kelima tanggal 12 November 2019.

Bakti penganyaran itu dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa beserta Ny. Rasniathi Adi Arnawa, perwakilan Kementerian Agama Kabupaten Badung serta Kepala Perangkat Daerah terkait di lingkungan Pemkab Badung. Bakti penganyaran ini dipuput oleh Ida Pedanda Gde Putra Buruan Manuaba dari Geria Peseraman Darmasaba Badung.

Kabid Adat dan Tradisi Dinas Kebudayaan Badung Ida Bagus Agung mengatakan Pemerintah Kabupaten Badung selaku Penyungsung (Nyangra Amongan) di Pura Pasar Agung saat Pujawali.

Dalam menghaturkan bakti penganyaran, dia mengungkapkan, upakara yang dipersembahkan berupa upakara banten mebebangkit dan banten pulegembal yang dihaturkan di Pura Melanting. Selain itu, juga dihaturkan Wali Gong, Tari Topeng, Pesantian, dan Rejang Renteng serta Rejang Sari.

Sementara Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa mengatakan Pemerintah Kabupaten Badung berkesempatan hadir melakukan bakti penganyaran terkait dengan Puja Wali dan sekaligus upacara Pemahayu Jagat di Pura Pasar Agung Besakih.

Pihaknya berharap dengan bakti penganyaran ini masyarakat sejagat Bali selamat dan terhindar dari marabahaya. Dia juga berharap kondisi Gunung Agung tetap stabil, sehingga semua diberikan kesempatan berkarya dalam rangka kesejahteraan masyarakat Bali.

Sebagai bentuk kepedulian ngaturang bakti, Pemerintah Kabupaten Badung melalui Sekda Adi Arnawa menyerahkan punia sebesar Rp 70 juta yang diterima Jero Mangku Pura. (*)