Berantas Kejahatan Lintas Negara, Kapolri Kerja Sama dengan Mendagri Yordania

oleh
Kapolri Jenderal Polisi H. Muhammad Tito Karnavian dan Mendagri Yordania Samir Mubaidin (berdiri) di kantor Kemendagri Amman, Senin (7/5/2018). (Ist)
banner 300250

Yordania, suarabali.com – Kapolri Jenderal Polisi H. Muhammad Tito Karnavian bertemu dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Yordania Samir Mubaidin di kantor Kemendagri Amman, Senin (7/5/2018). Pertemuan ini merupakan bagian dari agenda kegiatan Kapolri selama kunjungan di Yordania terkait kerja sama kedua negara, terutama dalam penanggulangan kejahatan lintas negara, obat terlarang, kejahatan siber, terorisme, serta pengembangan kapasitas kelembagaan.

Dalam kunjungannya, Kapolri juga didampingi Kadivhubinter Polri Irjen Pol. S. Maltha dan Karominister Polri Brigjen Pol. Krishna Murti.

Mendagri Yordania menyambut baik keinginan serta usulan kerja sama dari Polri dan menyatakan pihaknya siap melakukan tindak lanjut yang diperlukan, terutama finalisasi penyusunan MoU. Mendagri Yordania membawahi dua lembaga kepolisian di Yordania: Direktorat Kepolisian Umum (PSD) dan Direktorat Kepolisian Gendarmerie.

Mendagri Yordania secara tegas menyatakan kesiapannya di garda terdepan melawan terorisme. Akhirnya, Kapolri mengundang Mendagri Yordania untuk berkunjung ke Indonesia pada waktu mendatang sekaligus untuk menandatangani MoU kerja sama. Mendagri Yordania menyambut baik undangan tersebut.

Di akhir pertemuan, Tito Karnavian dan Mendagri Yordania menyetujui penandatanganan dokumen pernyataan komitmen bersama (minutes of meeting) antara kedua pihak untuk meningkatkan kerja sama di bidang pemberantasan kejahatan lintas negara dan peningkatan kapasitas melalui penyusunan lebih lanjut instrumen hukum (MoU). Dokumen itu ditandatangani oleh Kadivhubinter dari pihak Polri dan Asisten Direktur PSD dari pihak Kemendagri Yordania. (*/Sir)