Bandara Lombok Ditutup Lagi

oleh
Bandara Internasional Lombok tampak sepi pasca ditutup sementara akibat dambak abu vulaknik Gunung Agung. (Foto Zax)
banner 300250

Lombok, suarabali.com – Lombok International Airport (LIA) kembali ditutup sementara pada hari Kamis 30 November 2017 pukul 10.37 WITA hingga pukul 00.00 WITA. Penutupan sementara ini dilakukan karena abu vulkanik Gunung Agung di Bali sudah mengarah ke Pulau Lombok saat ini. Sebelumnya LIA pernah ditutup dua kali pada tanggal 26 dan 27 November 2017.

Keputusan penutupan LIA dilakukan berdasarkan hasil rapat kordinasi dengan Otoritas Bandara Wil. IV, Airnav Indonesia, Airlines, Ground Handling dan BMKG pada hari Kamis tanggal 30 November 2017 sejak pukul 06.00 setelah melakukan pengamatan melalui satelit serta melalui pemantau lapangan dalam bentuk paper test untuk mengetahui kondisi volcanic ash serta memonitor informasi dari crew.

LIA telah mempersiapkan posko pelayanan terpadu yang berada di loby terminal yang dapat dimanfaatkan oleh para penumpang yang dibatalkan penerbangannya. Tidak hanya itu, LIA juga berkordinasi dengan pihak airlines terkait penanganan penumpang.

“Jumlah flight yang berdampak setelah terbitnya notam close DI LIA untuk kedatangan sebanyak 33 flight dan keberangkatan sebanyak 36 flight. Untuk jumlah flight yang berangkat pagi ini sebanyak 4 flight dengan jumlah penumpang 345 orang sedangkan untuk kedatangan sebanyak 5 flight dengan jumlah penumpang 539 orang,” Ujar I Gusti Ngurah Ardita General Manager LIA.

Lebih jauh Arditha menegaskan sampai dengan saat ini pihaknya terus melakukan pemantauan sebaran abu vulkanik yang menutupi bandara LIA. (Zax/Tjg)