Angin Kencang Tumbangkan 11 Pohon di Badung

oleh
Pohon ketapang tumbang di Jalan Kediri, Tuban, Kuta, Badung. (Foto: Mkf)
banner 300250

Badung, suarabali.com – Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan 11 pohon tumbang di sejumlah ruas jalan di wilayah Kabupaten Badung, Bali, Rabu (20/12/2017). Satu di antaranya, pohon Ketapang setinggi 13 meter tumbang dan melintang di Jalan Kediri, Tuban, Kuta, Badung sekitar pukul 12:20 WITA. Akibatnya, kendaraan roda empat tak bisa melewati jalan itu.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Badung, Ni Nyoman Ermy Setiari, mengatakan ada 11 pohon tumbang pada Rabu ((20/12/2017).  Lima pohon tumbang ditiup angin di wilayah Badung Utara dan enam pohon di wilayah Badung Selatan. Selain itu, kata dia, ada juga tebing longsor disertai pohon tumbang di Banjar Beneh Kawan, Blahkiuh, Abiansemal, Badung.

“Sudah kami terjunkan 15 personil untuk melakukan penanganan di beberapa lokasi kejadian di wilayah Badung Utara dan Badung Selatan,” ucapnya.

Untuk menangani masalah pohon tumbang itu, Setiari mengatakan pihaknya dibantu petugas BPBD Badung, Babinsa, Babinkamtibmas, dan masyarakat di sekitar lokasi kejadian.

Setiari memperkirakan cuaca buruk ini akan terjadi hingga Februari 2018. Untuk itu, pihaknya terus berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengantisipasi terjadinya bencana akibat cuaca buruk.

Satiari mengatakan pihaknya hanya menangani kejadian-kejadian yang dilaporkan masyarakat atau informasi dari media sosial. Sedangkan langkah preventif seperti pemotongan dahan pohon yang berpotensi tumbang bukan tugas BPBD, tetapi tugas DLHK.

“Kami selalu berkoordinasi dan tetap menjalankan tupoksi kami. Kami menindaklanjuti kalau ada kejadian seperti pohon tumbang, tanah longsor, dan lainnya,” tutupnya. (Mkf/Sir)