73 Usulan Dibahas dalam Munsrenbang RKPD Kecamatan Denpasar Utara

oleh
Musrenbang RKPD di Kantor Kecamatan Denpasar Utara, Senin (20/1/2020). Dalam Musrenbang ini dibahas 73 usulan dengan nilai keseluruhan Rp 178,8 miliar. (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Pemerintah Kecamatan Denpasar Utara mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di Kantor Kecamatan Denpasar Utara, Senin (20/1/2020). Dalam Musrenbang ini dibahas 73 usulan dengan nilai keseluruhan Rp 178,8 miliar.

Musrenbang tersebut digear untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas dan menyepakati pengelompokan kegiatan pembangunan berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah di Kota Denpasar.

Musrenbang dibuka Kepala Bappeda Kota Denpasar I Putu Wisnu Wijaya Kusuma mewakili Wali Kota Denpasar. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong. Tampak hadir dalam Musrenbang tersebut Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Anggota DPRD Kota Denpasar Suteja Kumara, Camat Denpasar Utara Nyoman Lodra, para Perbekel/Lurah se-Kecamatan Denut, Bendesa, pengurus LPM , tokoh masyarakat, serta OPD terkait lainnya.

Saat membacakan sambutan tertulis Wali Kota Denpasar, I Putu Wisnu Wijaya Kusuma mengatakan Musrenbang berfungsi sebagai forum untuk menghasilkan kesepakatan antar pelaku pembangunan tentang rancangan RKPD, yang menitik-beratkan pada pembahasan sinkronisasi program Pemerintah Kota Denpasar dan masyarakat dalam pencapaian tujuam pembangunan daerah.

Kebijakan pada pembangunan daerah tahun keempat menekankan pada pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas, peningkatan infrastruktur, penguatan ekonomi kreatif, penguatan pariwisata berbasis budaya serta memantapkan birokrasi dan tata kelola pemerintahan.

Penanganan masalah pembangunan yang mendesak seperti pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan, dan pembangunan infastruktur sarana prasarana wilayah harus menunjukkan hasil yang nyata di lapangan. Sehingga, dalam merencanakan program dapat menyentuh kepentingan masyarakat guna mangatasi pemasalahan-permasalahan yang timbul dan terwujudnya pembangunan yang berkesinambungan yang dapat menyentuh kepentingan masyarakat.

Camat Denpasar Utara I Nyoman Lodra mengatakan Musrenbang tersebut membahas 73 usulan dengan nilai keseluruhan Rp 178.823.539.657. Dari total usulan tersebut, memfokuskan pada bidang fisik/infrastrutur dan bidang sosial budaya.

Tahapan kegiatan ini merupakan hasil Musrenbang di masing-masing desa/kelurahan yang akan menjadi prioritas kegiatan pembangunan, sehingga terwujud pembangunan baik fisik atau infrastruktur, sosial budaya, dan pemerintahan yang berkesinambungan. (*)