Wayan Sukla Minta Wisudawan Fokus Menatap Masa Depan

oleh
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Ketua Yayasan Cempaka Surya, I Wayan Sukla mengajak para  fresh graduate agar tidak menoleh ke masa lalu, tetapi harus fokus pada masa yang akan datang.

Wayan Sukla menyampaikan hal itu di hadapan 151 wisudawan-wisudawati saat yudisium IX Universitas Teknologi Indonesia Denpasar di Hotel The Lerina Lounge Nusa Dua Bali pada 27 Juli 2019.

Pengesahan gelar untuk seluruh calon wisudawan wisudawati Universitas Teknologi Indonesia itu dipimpin ole Ketua Yayasan Cempaka Surya, I Wayan Sukla didampingi oleh para Dekan dan Kaprodi dari semua fakultas. Di antaranya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Komputer, Fakultas Sastra Inggris dan Ketua Penjamin Mutu Universitas Teknologi Indonesia.

“Kita tidak boleh menoleh ke masa lalu, tetapi kita harus fokus dengan masa depan karena tuntutan zaman. Kita mempersiapkan diri untuk menghadapi tuntutan zaman yang selalu berubah dan mengubah semua mindset kita. Maka kita harus benar-benar tekun dan ulet untuk mengimbangi tuntutan zaman dimana kita harus mampu bersaing dengan tantangan yang dihadapi. Apapun itu, baik prestasi belajar, prestasi kerja, dan yang lain,” papar Wayan Sukla.

Dia mengatakan generasi muda yang ada di dalam persaingan global, tentunya sangat diperhatikan apabila mampu bersaing dengan tantangan zaman.

“Anda adalah generasi muda yang sedang dilirik oleh  pemerintah dan perusahaan- perusahaan swasta,” ujarnya.

“Kita harus mampu bersaing. Kita harus mandiri dalam segala hal agar cita-cita kelak tercapai,” lanjutnya.

Sementara Rektor Universitas Teknologi Indonesia Denpasar, I Ketut Sena berharap para wisudawan dan wisudawati mampu menempatkan perannya dalam membangun masa depan, membangun masyarakat dan bangsa, menjadi seorang yang patut diteladani dalam keluarga dan  masyarakat.

Dia juga berharap agar para wisudawan dan wisudawati senantiasa memberikan hal yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Masyarakat yakin Anda adalah seorang yang berpendidikan tinggi. Tentunya mereka sangat mengharapkan peran Anda dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” katanya.

Salah satu calon wisudawan yang berprestasi dari Fakultas Sastra Inggris, Ladislaus Tata berharap apa yang dia dapatkan dari hasil perjuangan selama 4 tahun dapat bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat.

“Prestasi yang ada bukanlah satu kebanggan jika nantinya saya tidak memanfaatkan dengan baik. Saya pun berharap jika nantinya mengabdi di masyarakat, saya akan mengedepankan prestasi kerja bukan semata-mata prestasi yang saya dapatkan di universitas,” katanya. (Val)