Waspada! Angin Kencang dan Gelombang Tinggi Berpotensi di Bali

oleh
Turis berselancar di Pantai Balian, Bali. (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Bagi yang ingin berlibur ke Bali diimbau agar ekstra hati-hati. Terutama  bagi yang ingin menikmati keindahan pantai di Pulau Dewata ini. Sebab, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi angin kencang dan gelombang tinggi akan terjadi di sejumlah wilayah di Bali.

BMKG Balai Besar Wilayah III-Denpasar mengeluarkan peringatan mengenai potensi angin kencang dan gelombang tinggi di Samudera Hindia Selatan Bali, Samudera Hindia Selatan NTB, Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian selatan, Selat Alas bagian selatan, Laut Sumbawa, dan perairan selatan Sumbawa.

Terkait potensi gelombang tinggi tersebut, wisata pantai di Bali masih normal. Namun, ada kawasan-kawasan  tertentu di mana turis tidak diperkenankan untuk berenang.

“Masih beroperasi normal, cuma dipantau lifeguard. Untuk daerah yang berbahaya sudah diperingati dengan bendera bahwa daerah tersebut dilarang untuk berenang. Jadi, ada sign itu yang diberikan untuk wisatawan agar tidak berenang sembarangan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Anak Agung Gede Yuniartha Putra seperti dirilis detik.com, Rabu (26/12/2018).

Sementara untuk penyeberangan ke Nusa Penida yang melewati Selat Badung, pengoperasiannya tergantung keadaan cuaca. Jika tidak memungkinkan, maka untuk sementara tidak beroperasi.

“Untuk penyeberangan ke Nusa Penida tergantung dengan situasi pada saat itu. Kalau cuaca sedang nggak bagus, penyeberangan ditunda sampai cuaca bagus,” ujarnya. (*)