Warga Berkebutuhan Khusus Gratis Berobat ke RSUD Mangusada

oleh
Ketua Koordinator K3S Badung Seniasih Giri Prasta saat menyerahkan bantuan kepada warga berkebutuhan khusus di Kecamatan Petang, Sabtu (15/12/2018). (Ist)
banner 300250

Badung, suarabali.com – Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Badung Seniasih Giri Prasta menyerahkan bantuan berupa 80 paket sembako kepada warga berkebutuhan khusus di Banjar Auman, Desa Pelaga dan Banjar Lawak, Desa Belok Sidan, Kecamatan Petang,  Badung, Sabtu (15/12/2018).

Warga berkebutuhan khusus adalah warga yang memerlukan layanan spesifik yang berbeda dengan warga pada umumnya. Warga berkebutuhan khusus memiliki apa yang disebut dengan hambatan dalam beraktivitas, perkembangan fisik, mental, serta kejiwaan.

Di sela-sela kegiatan itu, Seniasih Giri Prasta berharap masyarakat Badung yang memiliki keluarga atau kerabat berkebutuhan khusus untuk tidak ragu berobat ke RSUD Mangusada. Sebab, kata dia, Pemkab Badung sudah menggratiskan bagi warganya yang berkebutuhan khusus melalui program Kartu Badung Sehat (KBS).

“Besar harapan kami kepada masyarakat untuk meluangkan waktunya mengantar keluarga atau kerabatnya berkebutuhan khusus berobat ke rumah sakit, tidak dikenai biaya,” jelasnya.

Pemkab Badung sudah melengkapi setiap desa dengan fasilitas mobil ambulans. Fungsinya untuk mengantarkan warganya yang berobat ke RSUD Mangusada.

“Kami K3S juga mengimbau kepada Perbekel beserta jajarannya, khususnya Kelian Dinas untuk memberikan perhatian penuh apabila ada warga yang perlu bantuan untuk mengantarkan ke rumah sakit,” tegas istri Bupati Badung ini.

Pada bagian lain, Seniasih Giri Prasta juga berencana mengadakan perlombaan bagi anak-anak atau warga berkebutuhan khusus. “Ini sebagai bentuk perhatian kami agar warga serta anak-anak kami memiliki prestasi walaupun dalam keterbatasannya,” tambahnya.

Sementara Ketua APSAI Badung Gusti Agung Ayu Inda Trimafo Yudha juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemkab Badung. Sebab, menurut dia, dengan mengunjungi warga berkebutuhan khusus, dapat melihat langsung kondisi warga dan cepat dapat berobat ke Rumah Sakit Mangusada.

“Kegiatan seperti ini kedepannya agar makin diperbanyak. Sebenarnya, Pemerintah Kabupaten Badung sudah sangat mendukung untuk kemakmuran dan kebahagiaan warganya dengan segala fasilitas, baik itu pengobatan gratis dan ambulans. Kedepan koordinasi makin ditingkatkan antara pemerintah desa dengan warga yang ada di pelesok seperti ini. Sehingga, warga berkebutuhan khusus dapat terlayani dengan baik,” harapnya. (*)