Wakapolda Bali Turun Langsung Amankan Upacara Ngaben Tokoh Golkar Bali

oleh
Wakapolda Bali Brigjen Pol. I Gede Alit Widana saat memantau pengamanan upacara ngaben tokoh Partai golkar Bali. (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabalic.com – Sejumlah pengurus teras DPP Partai Golkar menghadiri prosesi upacara ngaben tokoh senior Partai Golkar Bali, I Gusti Ketut Adihiputra, di Jero Kelodan, Kerobokan, Kuta Utara, Denpasar, Bali, Sabtu (13/1/2018).

Tokoh Golkar yang hadir, di antaranya, Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto, Sekjen DPP Golkar Idrus Marham, anggota DPR RI Fraksi Golkar Gde Sumarjaya Linggih, Bambang Susatyo, dan pengurus DPP Golkar lainnya.

“Banyak tokoh Partai Golokar dari Jakarta dan Bali yang menghadiri upacara ngaben ini,” kata Wakapolda Bali Brigjen Pol. I Gede Alit Widana kepada suarabali.com pada Sabtu (13/1/2018).

Wakapolda Bali Brigjen Pol. I Gede Alit Widana hadir langsung untuk mengawasi pengamanan upacara ngaben tokoh Partai Golkar Bali itu. “Saya langsung melakukan pengawasan keamanan di lapangan,” ujarnya.

Dalam tradisi Bali, ngaben adalah upacara kremasi atau pembakaran jenazah. Upacara adat ngaben merupakan ritual yang dilakukan untuk mengirim jenazah pada kehidupan mendatang.

I Gusti Ketut Adihiputra meninggal dunia pada Minggu, 24 Desember 2017. I Gusti Ketut Adiputra adalah tokoh Golkar Bali yang pernah menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014. Kini, jejak politik almarhum dilanjutkan putranya, AA Bagus Adi Mahendra alias Gus Adi, yang juga anggota DPR RI asal Bali periode 2014-2019.

Upacara ngaben diawali dengan “penyerahan” jenazah Adhiputra dari pihak keluarga kepada DPP Golkar. Dari DPP, jenazah kemudian diserahkan DPP Golkar kepada masyarakat setempat untuk selanjutnya diantarkan ke setra (pemakaman) setempat untuk menjalani proses ngaben. (Tjg/Sir)