Wagub Bali Serahkan Bantuan 6 Motor untuk Desa Pekraman

oleh
Wagub Bali Sudikerta saat menyerahkan bantuan hibah enam sepeda motor kepada enam desa pekraman, Kamis (7/12/2017). (Ist)
banner 300250

Klungkung, suarabali.com – Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta menyerahkan bantuan hibah enam sepeda motor kepada enam desa pekraman di Wantilan Pura Dalem Ped, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Kamis (7/12/2017). Saat penyerahaan bantuan ini, Wagub Sudikerta didampingi Bupati Klungkung Nyoman Suwirta.

Kendaraan hibah tersebut diterima bendesa adat dari Desa Pakraman Kelemahan, Desa Pakraman Dwi Kukuh Lestari, Desa Pakraman Pundukaha Kaja, Desa Pakraman Sekar Pandan, Desa Pakraman Gepuh, dan Desa Pakraman Sompang.

Untuk melestarikan lembaga adat Desa Pakraman, Pemprov Bali akan meningkatkan bantuan dari APBD kepada 1.486 Desa Pakraman di seluruh Bali.

Sudikerta mengatakan bantuan tersebut merupakan wujud perhatian Pemprov Bali dalam melestarikan adat budaya Bali. Dia berharap bantuan sepeda motor tersebut dapat mempermudah akses pelayanan kepada masyarakat.

“Bantuan ini digunakan untuk mempermudah bendesa dalam melayani masyarakat. Kita tahu bahwa daerah di sini berbukit-bukit. Sehingga, dengan kendaraan ini diharapkan dapat meningkatkan dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemprov Bali juga menyerahkan hibah kendaraan operasional secara bertahap. Pada 2015, kendaraan hibang diberikan kepada 1.480 desa pakraman se-Bali.

“Setelah penyerahan ini, pemeliharaan kendaraan akan dilakukan oleh desa pakraman, termasuk balik nama kendaraan,” kata Ketut Adiyasa, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Provinsi Bali.

Bendesa Kelemahan, I Wayan Selamet mengungkapkan rasa terima kasih karena sudah dibantu kendaraan operasional dari Pemprov Bali. “Sukseme atas bantuannya untuk menunjang aktivitas ngaturang ngayah di desa pakraman. Tiyang ngaturang rasa angayubagya, karena sudah diberikan bantuan sepeda motor. Program Bali Mandara memang sangat mendukung desa pakraman, wantah bagus sekali,” ujarnya. (Sir)