Ubud Writers and Readers Festival 2017, Hajatan Penikmat Sastra Dunia

oleh
banner 300250

Ubud, suarabali.com – Wilayah Ubud akan menghelat hajatan internasional tahunan yakni Ubud Writers and Readers Festival 2017 yang akan dilaksanakan tanggal 25 hingga 29 Oktober 2017. Ini adalah hajatan mereka ke 14 kalinya sejak berdiri tahun 2004 lalu.

Ubud Writers and Readers Festival atau UWRF pertama kali diadakan tahun 2004 dan menjadi salah satu festival sastra berskala internasional terbesar di Asia Tenggara. Lokasi perhelatan ini dilakukan di Ubud, Bali, salah satu area yang memang terkenal sebagai gudangnya seniman.

Ubud Writers and Readers Festival dinilai sebagai festival sastra terbesar di Asia Tenggara. Misi dari UWRF adalah untuk mewujudkan sebuah festival berskala internasional dengan berbagi ide, pemikiran, serta isu-isu global. Event ini pertama kali dihelat pada tahun 2003 sebagai sarana pemulihan setelah tragedi bom Bali.

Meskipun namanya tegas menyiratkan masalah tulisan sastra, namun sejatinya ajang ini juga dipakai untuk melontarkan gagasan baru dan pemikiran tajam soal sosial, budaya, politik, dan seni. Sastra hanya salah satunya.

Hajatan UWRF selalu menghadirkan para penulis dan pemikir unggulan dalam bidang masing-masing. Untuk tahun ini diantaranya akan hadir, Ian Rankin, Jung Chang, Tim Flannery, Seno Gumira Ajidarma, Papermoon Puppet Theatre, dan Eko Supriyanto.

Sastrawan senior dalam negeri akan hadir NH Dini dan juga anaknya Pierre Coffin yang menjadi sutradara film animasi kocak “Despicable Me” dan “Minion”. (Hsg)