Trump Sesumbar, Jika Jepang Beli Senjata AS Dijamin Mampu Hadang Rudal Korut

oleh
banner 300250

Jepang, suarabali.com – Donald Trump berjanji bahwa Jepang akan dapat menjegal rudal Korea Utara “hancur di langit” jika mereka membeli cukup senjata dari Washington. Perdana menteri Jepang sedang mempertimbangkan untuk membeli jet tempur, rudal, dan kapal perang dari AS.

Kunjungan Trump ke Jepang memang membahas soal ketegangan kawasan dengan Korea Utara bersama Jepang. Dan sekaligus dalam kunjungan ini, Trump menjadi “salesman” berjualan senjata Amerika berharga jutaan dollar kepada Jepang dengan kalimat manis bahwa senjata AS terbaik di dunia saat ini.

Berbicara pada sebuah konferensi pers bersama pada hari Senin, Presiden AS Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengakui bahwa isu Pyongyang ada dalam agenda pertemuan mereka.

Pemimpin Amerika itu kembali mengecam Pyongyang karena melanjutkan pengembangan “program senjata melawan hukumnya, termasuk uji coba nuklirnya yang tidak sah dan pelepasan rudal balistik yang keterlaluan” di wilayah Jepang.

“Kami tidak akan tahan untuk itu,” katanya, sekali lagi mengulangi lagi bahwa “era kesabaran strategis telah berakhir.” Abe menyerukan pesan tersebut, namun berhenti mengancam Korea Utara, mengatakan bahwa ini adalah “waktu untuk dialog,” sementara juga menjanjikan lebih banyak sanksi terhadap negara tirai besi tersebut.

Trump di pihaknya juga tidak ragu untuk mengiklankan senjata AS ke Jepang. “Dia [Abe] akan menembak mereka [rudal Korea Utara] jatuh dari langit saat dia melengkapi pembelian banyak peralatan militer tambahan dari Amerika Serikat,” kata presiden “Perdana menteri akan membeli sejumlah besar peralatan militer, seperti seharusnya. Dan kami membuat peralatan militer terbaik sejauh ini. ”

Jepang sudah membeli peralatan pertahanan dari Washington, namun ada rencana lebih lanjut untuk memodernisasi militer Jepang karena meningkatnya ketegangan dengan Korea Utara. “Situasi di Asia Pasifik semakin sulit, dan kita harus secara kualitatif dan kuantitatif meningkatkan kemampuan kita,” kata Abe.

Dia menyebutkan pembelian jet tempur F-35 generasi kelima, rudal anti-pesawat Boeing-3 Block III, dan kapal perang berkemampuan Aegis. “Kualitas dan kuantitas harus ditingkatkan dengan membeli lebih banyak dari Amerika Serikat, itulah yang saya pikirkan,” kata Perdana Menteri Abe. (Hsg)