Tri Retno, Tosser Cantik yang Menyukai Bali

oleh
Tri Retno Mutiara. (ist)
banner 300250

Jakarta, suarabali.com – Menekuni olahraga voli tidak membuat Tri Retno Mutiara meninggalkan hobinya. Tosser cantik Tim Nasional Voli Putri Asian Games 2018 ini menyukai travelling. Destinasi favorit Tiara, sapaannya, adalah Bali hingga Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dijumpai di sela-sela pemusatan latihan di Padepokan Voli, Sentul, Jawa Barat, Senin (7/5/2018), Tiara dengan ramah menjawab setiap pertanyaan. Ia juga dengan antusias menyatakan memberikan dukungan bagi pariwisata Indonesia.

Beragam cerita seru pun mengalir dari Tiara. Terutama dari sejumlah destinasi favorit yang pernah disinggahinya. Mulai dari Bali hingga NTT.

“Pariwisata Indonesia sangat bagus. Semua pihak harus mendukungnya. Dan, destinasi-destinasi di sini pun luar biasa. Contohnya Bali, Lombok, Sumbawa, juga lainnya. Semuanya indah. Saya memang suka dengan suasana pantai,” ungkap atlet asal Cirebon itu.

Pilihan Tiara memang tidak salah. Bali merupakan destinasi terbaik dunia. Eksotisme culture dan naturenya sama-sama luar biasa. Wajar bila Pulau Dewata mendapat penghargaan The World’s Best Destination dalam ajang TripAdvisor Traveller’s Choice Award 2017. Pulau Dewata juga dinobatkan sebagai Digital Nomad papan atas dunia versi nomadlist.com. Spot favoritnya ada di Ubud, Canggu, juga Denpasar.

“Berbicara Bali tidak akan ada habisnya. Luar biasa untuk semua aspeknya. Kelasnya memang sudah dunia. Alamnya, suasananya, juga kulinernya terbaik. Siapapun akan merasa nyaman berada di sana,” tuturnya lagi.

Selain Bali, keindahan gugusan pulau NTB juga berhasil memikat pemain klub Jakarta BNI Taplus ini. Menurutnya, Lombok selalu mempesona. Bagi penikmat wisata bahari, nama-nama beken seperti Gili Trawangan, Meno, Air, dan Gendis adalah juaranya. Belum lagi Pantai Mandalika, Senggigi, Kuta, hingga Tanjung Aan yang juga terkenal eksotis.

Pulau Lombok juga dilengkapi situs terbaik dunia Gunung Rinjani. Memiliki ketinggian 3.726 mdpl, Gunung Rinjani baru saja ditetapkan sebagai Global Geopark melalui sidang Unesco Executive Board, 12 April lalu. Selain nature, culture-nya juga fantastis. Ada Budaya Nyongkolan, Budaya Bau Nyale, Tradisi Praje Besunat, Gendang Beleq, Kecimol, juga Presean.

“Pulau Sumbawa ini juga luar biasa. Saya selalu ingin berlama-lama di sana. Namun, agenda latihan memang padat. Yang jelas, berada di Lombok dan Sumbawa itu menyenangkan. Apalagi, Sumbawa punya savanna-savana yang bagus,” terang Tiara lagi.

Petualangan Tiara di NTB pun lengkap. Karena, ia telah mengunjungi National Geopark Tambora lengkap dengan Savana Doro Ncanga dan suasana pantai Teluk Saleh. Savana Doro ini unik. Karena dihiasi dengan beragam ternak. Memiliki lonceng di lehernya, ternak-ternak ini memunculkan alunan music pentatonic yang indah. Dijamin kepenatan akan hilang.

Selain vibrasi Savana Doro Ncanga lengkap dengan Gunung Tambora, wisatawan juga bisa menikmati keindahan Teluk Saleh. Kawasan ini familiar sebagai akuarium raksasa. Biotanya lengkap. Ada beragam jenis terumbu karang dan ikan di sana. Manta atau pari paka pun menjadi idola nya. Jadi spot diving terbaik, perainan ini menawarkan sensasi di kedalaman 50-200 meter

“Di savana ini pemandangannya memang sangat lengkap. Ternak-ternaknya unik. Bagi yang suka diving, berada di sini sudah cocok. Semuanya lengkap. Saya juga menyukai Pulau Roti dan Kepulauan Seribu,” katanya lagi.

Selain itu, Tiara juga menyebut 10 Bali Baru, khususnya Raja Ampat dan Labuan Bajo, sebagai destinasi favoritnya. “Raja Ampat dan Labuan Bajo juga menjadi favorit saya. Pokonya luar biasa-lah di sana. Rugi kalau belum berkunjung ke sana,” tuturnya lagi.

Meski tergila-gila dengan travelling, Tiara tidak melukapan fokus utama di Asian Games 2018. Target realistis pun dipancangkannya di multievent Asia ini. Sebab, event ini menjadi momentum untuk mengukur kualitas. “Target kami masuk babak 8 besar. Persaingan akan keras, apalagi Tiongkok itu terbaik di dunia. Tapi, kami yakin ada kejutan,” tegasnya.

Tri Retno Mutiara sendiri adalah voli yang memiliki sederet prestasi. Ia bagian Timnas Voli yang meraih Medali Perak SEA Games 2017 Malaysia. Tiara juga menyicipi Juara Proliga 2015 bersama Elektrik PLN, dan Runner Up Proliga 2016 dan 2017 bersama Jakarta Pertamina Energi. Bersama Tim Jawa Barat, Tiara menyabet Medali Emas PON 2016.

Dara cantik ini termasuk aktif di media sosial. Akun instagram @triretnomutiara miliknya juga telah memiliki 117 ribu follower. Postingannya saat di Candi Borobudur, bahkan mendapat 9 ribu lebih like. Mutiara juga kerap memposting kegiatannya saat travelling seperti saat di Lombok atau Jogja.

Acungan jempol juga diberikan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk Tri Retno Mutiara. Sebab, sebagai atlet, ia tak lupa menggemakan potensi pariwisata Indonesia. Terutama Labuan Bajo, Mandalika, hingga Raja Ampat.

“Destinasi 10 Bali Baru ini semuanya luar biasa. Siapapun akan dibuat terpesona saat berada di sana. Atraksi, aksesibilitas, dan amenitasnya terbaik,” tutupnya. (*/Sir)