Tingkatkan Kinerja, Pemkab Gianyar akan Terapkan E-SAKIP

oleh
Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Penerapan E-SAKIP di Ruang Sidang Kantor Bupati Gianyar, Senin (14/5/2018). (Ist)
banner 300250

Gianyar, suarabali.com – Pemkab Gianyar akan menerapkan aplikasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah berbasis Elektronik (E-SAKIP). Aplikasi ini merupakan hibah dari Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat.

Aplikasi E-SAKIP merupakan rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat, dan prosedur yang dirancang untuk penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklasifikasian, pengikhtisaran, dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah.

Demikian disampaikan Kepala Bagian Organisasi dan Pemberdayaan Aparatur Daerah Pemerintah Kota Bandung saat Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Penerapan E-SAKIP di Ruang Sidang Kantor Bupati Gianyar, Senin (14/5/2018).

Memasuki era digital di mana setiap informasi dapat diakses oleh siapa saja, kapan dan dimana saja, sistem E-SAKIP berbasis web ini dapat digunakan bersama untuk memberikan data yang lengkap dan cepat tanpa meminta data manual ke instansi terkait. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana konsistensi setiap OPD dalam melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan.

“Dengan sistem aplikasi E-SAKIP, setiap program dan kegiatan yang telah ditetapkan pemerintah dapat diketahui oleh masyarakat guna mewujudkan transparansi dalam proses pelaksanaan kegiatan,” ujarnya.

Asisten I Pemkab Gianyar I Wayan Suardana saat membuka sosialisasi menyambut baik kerja sama dengan Pemkot Bandung. Sebab, Pemkot Bandung telah berhasil meraih predikat A dalam penilaian SAKIP yang dilaksanakan oleh Kemenpan RB.

“Tentunya hal ini akan memberikan motivasi kepada Pemkab Gianyar dalam meningkatkan penilaian atas akuntabilitas kinerjanya,” kata Wayan Suardana, seraya menambahkan, sistem aplikasi E-SAKIP ini segera diterapkan di Kabupaten Gianyar.

Menurut dia, informasi yang dihasilkan E-SAKIP ini nantinya dapat diakses oleh publik. Sehingga, masyarakat dapat memantau dan memberikan masukan kepada Pemkab Gianyar dalam rangka peningkatan akuntabilitas kinerjanya. Selain itu, sistem ini juga mendukung penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP). (*/Sir)