Tilang Gaya Baru: Kaca Mobil Ditutup Polisi Jika Parkir Sembarangan

oleh
banner 300250

AMERIKA, SUARABALI.COM – Parkir ilegal akan diderek atau rodanya dikunci petugas, itu adalah peraturan umum yang ada dibeberapa wilayah di Eropa dan Amerika.

Masalahnya cuma satu, petugas yang membawa jepitan baja itu kerap kerepotan dengan tebal dan beratnya “clamp” capit kepiting baja untuk mengunci roda mobil pelanggar.

Membawa capit baja yang sangat berat dan membutuhkan mobil khusus petugas yang akan berkeliling kian kemari mencari pelanggar. Sekarang, dibuat cara lain memakai alat bernama “Barnacle” yang diterapkan dikota Newyork, demikian ulas DailyMail.

Cara kerja Barnacle sederhana saja, device ini akan diletakan menutupi seluruh kaca depan, hampir 80% kaca depan mobil akan diblok rapat oleh lembaran plastik keras yang sangat ringan tapi anti pecah. Karena kaca ditutup rapat, maka jelas pengemudi tidak mampu untuk mengendarai mobilnya.

Cara sederhana ini terbukti efektif mecegah parkir liar yang bandel, parkir seenaknya melanggar rambu, lalu saat ditilang dengan karcis tiket, sipelaku hanya menyobek karcis tiket denda lalu kabur menghilang.

Barnacle bekerja dari selembar polycarbonat keras anti pecah, Dibawahnya ada alat hisap “suction cup” yang biasa dipakai untuk memindahkan kaca-kaca raksasa diindustri konstruksi gedung bertingkat.

Daya hisap “suction cup” diatas permukaan kaca ini sampai dengan kekuatan 350 kilogram, jadi jangan mimpi tenaga manusia akan mampu melepaskan itu dengan berusaha menggeser Barnacle. Selain itu, alat ini terpasang alarm yang akan berbunyi jika ada upaya merusak unit secara sengaja.

Mobil yang terkena tilang Barnacle bisa membaca petunjuk tulisan yang diterakan diatas plastik ini, tersedia nomer telpon yang harus dihubungi. Pelanggar bisa membayar biaya denda dan kemudian operator telpon akan memberikan kode bagaimana membuka plastik Barnacle dari kaca depan. (Hsg)