Tiga Petinggi Penegak Hukum di Bali Bertemu, Ini yang Dibicarakan

oleh
Dari kiri: Kepala Kejaksaan Tinggi Kajati Bali Idianto, SH, MH, Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose, Ketua Pengadilan Tinggi Bali Zaid Umar Bobsaid, SH, MH. (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Tiga petinggi lembaga penegak hukum di Bali bertemu di Aula Mako Satbrimob Polda Bali, Denpasar, Selasa (1/10/2019). Mereka bertemu untuk meningkatkan sinkronisasi antar penegak hukum, khususnya di wilayah Provinsi Bali.

Para petinggi itu adalah Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose, Kepala Kejaksaan Tinggi Bali (Kajati) Idianto, SH, MH, dan Ketua Pengadilan Tinggi Bali Zaid Umar Bobsaid, SH, MH.

Zaid Umar Bobsaid mengatakan kedatangannya kali ini untuk memperkenalkan diri sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Bali yang baru. Selain itu, kata dia, untuk mempererat serta meningkatkan sinkronisasi antar penegak hukum, khususnya di wilayah Provinsi Bali.

“Kita sebagai penegak hukum harus bersatu untuk menegakkan hukum, terutama di Pulau Dewata ini,” Ucapnya.

Kapolda Bali menyambut baik kunjungan tersebut. Dalam kesempatan itu, Golose juga menyampaikan tekadnya untuk tidak menoleransi tindakan premanisme berkedok ormas (organisasi masyarakat) ataupun peredaran narkoba di Bali.

“Kita sebagai aparat penegak hukum harus bersikap tegas supaya para oknum-oknum itu jera,” katanya.

Golose  mengatakan Polda Bali telah banyak menjalin kerja sama luar negeri dalam penanggulangan terorisme. Juga mengadakan pelatihan antiteror supaya anggota di lapangan lebih siap menghadapi aksi terorisme. Bahkan, Kapolda Bali juga mendirikan Museum BOM Bali 1 dan 2 untuk mengingatkan masyarakat agar selalu waspada terhadap ancaman teror.

“Kami sudah menjalin banyak kerja sama luar negeri dan mengadakan pelatihan-pelatihan penanggulangan terorisme supaya anggota di lapangan siap jika ada aksi teror di masyarakat. Dan sudah dibangun juga museum Bom Bali 1 dan 2 untuk mengingatkan kita untuk selalu waspada,” katanya.

Mengenai situasi kamtibmas saat ini, Golose mengatakan pihaknya telah mengirim 700 personel dalam rangka bantuan personel pengamanan ke Papua dan Jakarta guna membantu menjaga keamanan dan ketertiban.

Di akhir kunjungan, Kapolda Bali bersama Kajati dan Ketua PT berfoto bersama. (*)