Tidak Tahu Kapan Bencana akan Berakhir, Ini Yang akan Dialkukan BPBD Bali

oleh
Kepala BPBD Bali Dewa Made Indra (foto Ist)
banner 300250

Karangasem, suarabali.com – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bali,  Dewa Made Indra mengatakan, saat ini pemerintah Bali sedang merencanakan akan membuatkan rumah hunian sementara (Hutara) untuk pengungsi Gunung Agung.

Dia menjelaskan, dibuatnya rencana tersebut agar para pengungsi bisa tinggal ditempat yang lebih nyaman. Seperti diketahui bahwa saat ini ada ribuan warga Karangasem yang mengungsi diberbagai wilayah daerah Bali. Dan mereka menempati tenda, gor, serta balai banjar.

“Situasi seperti ini kami tidak tahu akan berkahir kapan. Dan sampai saat ini Gunung Agung belum erupsi. Untuk itu kami berencana akan membuatkan hutara untuk para pengungsi agar mereka tinggal ditempat yang layak,”terangnya di Karangaesem, Senin (16/10/2017).

Dia menjelaskan, pihaknya bersama dinas pemukiman masih mencari aset pemerintah Provinsi Bali yang bisa dijadikan untuk hutara. Rencananya jika sudah dibangun maka setiap kepala keluarga akan mendapatkan satu unit hutara.

“Rumahnya itu dibangun semi permanen. Yang penting layak huni buat mereka tinggal nanti,”ungkapnya.

Pihaknya berharap musibah bencana ini tidak akan berlangsung lama. “Ya kami berdoa agar peristiwa ini segera berakhir,” tutupnya. (Dsd)