Tempat Opening PON 2020, Mendagri Tinjau Stadion Papua Bangkit

oleh
Mendagri Tito Karnavian (keempat dari kiri) saat meninjau kondisi Stadion Papua Bangkit, Jayapura, Papua, Minggu (1/12/2019). (Ist)
banner 300250

Jayapura, suarabali.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meninjau kondisi Stadion Papua Bangkit, Jayapura, Papua pada Minggu (01/12/2019). Stadion ini akan menjadi tempat berlangsungnya pembukaan sekaligus penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) Tahun 2020.

“Sports Complex ini terpenting saya kira, terutama stadion ini yang terpenting, acara pembukaan dan penutupan semua di sini. Kita cukup optimis lah kalau untuk venue,” kata Mendagri Tito Karnavian.

Meski demikian, Tito  juga memberikan perhatian khusus untuk penginapan atlet maupun media yang akan meliput acara.

“Mengenai masalah penginapan, selain atlet, official, pelatih, pendukung, fans, media juga pasti banyak. Nah, ini yang perlu dipikirkan di mana tempat mereka, karena jumlah kamar hotel kan relatif tak bisa menampung sebanyak itu. Katanya masih dibangun Perumnas, fine seandainya bisa cepat ya flat, karena kita lihat juga pada waktu. Kita lihat pada waktu Asian Games dibikin oleh PUPR sudah termasuk cepat, sederhana tapi cukup, kemudian mungkin pemanfaatan rumah-rumah penduduk, kost segala macam,” jelasnya.

Tito juga memberikan saran terkait ketersediaan dan kecukupan kapasitas transportasi yang akan digunakan yang menurutnya dapat melibatkan unsur TNI/Polri.

“Saya kira transportasi, saran saya ya ajak juga dari TNI, Polri, Kodam, Polda, driver-driver-nya banyak,” ujarnya.

Terkait dengan keamanan, dia memberikan opsi kemungkinan penambahan pengamanan di luar regional Papua yang bisa dilibatkan tak hanya untuk pengamanan.

“Masalah security, pengamanan, mungkin tergantung Polda dan Kodam, kalau cukup lokal , kalau tidak ya kita tambah kekuatan dari markas besar masing-masing Polda atau Kodam lain, bisa dipakai untuk pengamanan, bisa juga dipakai untuk kegiatan lain,” kata Mendagri.

Stadion Papua Bangkit merupakan stadion sepak bola termegah di Indonesia Timur yang terletak di Kampung Harapan, Kelurahan Nolokla, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua. Menurut rencana, stadion tersebut akan dijadikan tempat pembukaan sekaligus penutupan pekan olahraga terbesar di Indonesia, yakni PON 2020. (*)