Tabrak Mobil Polisi, Buronan Ini Ditembak di Jalan Raya Amlapura

oleh
bernama I Putu Juniawan (31) alias Mendig asal Desa Sidatapa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng itu ditangkap tim gabungan dari Polda Bali, Polres Karangasem, dan Polsek Abang. (Ist)
banner 300250

Karangasem, suarabali.com – Seorang pencuri yang sudah lama jadi buronan ditembak polisi saat berusaha kabur di Jalan Raya Amlapura – Singaraja, tepatnya sebelum kantor Polsek Abang atau dekat kuburan (setra) Desa Adat Abang, Karangasem, Senin (8/7/2019) sekitar pukul 00.30 WITA.

Buronan bernama I Putu Juniawan (31) alias Mendig asal Desa Sidatapa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng itu ditangkap tim gabungan dari Polda Bali, Polres Karangasem, dan Polsek Abang. Sementara tiga temannya, yakni Suryana, Periodik, dan Indra masih dalam pengejaran aparat kepolisian.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Hengky Widjaja mengatakan komplotan bandit tersebut sudah sering melakukan aksi kejahatan di wilayah Bali. Untuk memudahkan pengembangan, kasus itu sudah ditangani penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Bali.

“Kasus ini sudah diambil alih Ditreskrimum Polda Bali. Mobil yang dibawa pelaku sudah diamankan di Polda Bali dan satu orang pelaku saat ini sedang dirawat di RS Bhayangkara Denpasar,” kata Kombes Pol. Hengky Widjaja.

Hengky menjelaskan, kasus itu terungkap berawal dari laporan masyarakat Pupuan yang mengaku kehilangan sepeda motor dan sejumlah uang tunai. Kemudian Tim Opsnal Ditreskrimum Polda Bali melakukan penyelidikan dan membuntuti pergerakan keempat pelaku yang saat itu mengarah ke Karangasem lalu menuju ke Singaraja.

Atas situasi tersebut, anggota yang membuntuti para pelaku berkoordinasi dengan Buser Satreskrim Polres Karangasem untuk menghentikan laju kendaraan. Lantaran melewati daerah Abang, upaya pencegatan dilakukan oleh personel Polsek Abang dengan melakukan razia kendaraan di lokasi penangkapan.

“Saat pelaku mengetahui adanya operasi, mereka berusaha kabur dan menabrak mobil patroli polisi dan motor anggota kepolisian saat memutar balik kendaraan. Bahkan, saat itu pelaku sangat membahayakan, karena ingin menabrak polisi. Melihat kondisi tersebut, polisi memberikan tindakan tegas untuk melumpuhkan pelaku,” terang Hengky.

Satu orang pelaku berhasil tertembak di lengan kanan dan dilarikan ke RSUD Karangasem. Sementara tiga lainnya berhasil kabur. Masih dalam proses pencarian pelaku, tiba-tiba dua orang warga Abang melapor mengaku telah kehilangan sepeda motor, yaitu sepeda motor Vespa warna putih DK 8878 QG dan sepeda motor Honda Beat warna putih DK 4418 TF.

Selanjutnya personel Polsek Abang berkoordinasi anggota Polsek Kubu agar menghentikan para pelaku yang kabur menggunakan sepeda motor sesuai dengan ciri-ciri yang disampaikan korban. Sejumlah polisi sudah menunggu kedatangan pelaku di depan Polsek Kubu.

Sebelum sampai Polsek Kubu, tiba-tiba pelaku berbalik arah lalu meninggalkan sepeda motor vespa yang dicurinya lalu kabur ke arah sungai dan kebun-kebun masyarakat.

“Personel Polsek Kubu dibantu warga bersama-sama melakukan pencarian, namun para pelaku sampai saat ini belum ditemukan. Bagi masyarakat yang mengetahui atau menemukan keberadaan para pelaku agar segera melaporkan ke kantor polisi terdekat atau menghubungi petugas Bhabinkamtibmas,” imbau mantan Kasat Reskrim Polres Gianyar ini. (*)