Status Gunung Agung Turun Jadi Siaga, Pengungsi Boleh Pulang

oleh
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan saat memantau Gunung Agung di Pos Pengamatan Gunung Api Rendang, Kabupaten Karangasem, Sabtu (10/2/2018). (Foto: Dsd).
banner 300250

Karangasem, suarabali.com – Mulai Sabtu (10/2/2018) pukul 09.00 WITA, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM menurunkan status Gunung Agung dari ‘Awas’ (Level IV) menjadi ‘Siaga” (Level III).

Penurunan status gunung api di Pulau Bali itu dilakukan berdasarkan hasil pengamatan dan data pemantauan multi-parametrik Gunung Agung.

“Kami merekomendasikan untuk  menurunkan status Gunung Agung dari ‘Awas’ menjadi ‘Siaga’. Zona perkiraan bahaya yang sebelumnya radius 6 kilometer menjadi radius 4 kilometer dari kawah puncak Gunung Agung,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan di Pos Pengamatan Gunung Api Rendang, Kabupaten Karangasem.

Dengan penurunan status Gunung Agung tersebut, Jonan mengatakan seluruh warga  yang mengungsi dapat segera pulang ke kampung halamannya masing-masing.

“Aktivitas masyarakat dan turis di Bali sudah dinyatakan aman dan tidak ada gangguan (karena) aktivitas Gunung Agung pada saat ini,” pungkasnya.  (Dsd/Sir)