SMPN 1 Gianyar Kembali Gelar The 14th SMS Competition

oleh
Murid SD mengikuti The 14th SMS Competition yang diadakan SMPN 1 Gianyar untuk menjaring siswa berprestasi di bidang mata pelajaran IPA, matematika, dan IPS. (Ist)
banner 300250

Gianyar, suarabali.com – SMPN 1 Gianyar kembali menggelar The 14th  SMS Competition bagi seluruh siswa SD se-Kabupaten Gianyar. Kompetisi yang khusus menjaring siswa berprestasi, khususnya di bidang mata pelajaran IPA, matematika, dan IPS ini dibuka Kepala Sekolah SMPN 1 Gianyar Dewa Nyoman Bawa pada Senin, (7/5/2018).

Dewa Nyoman Bawa megatakan The 14th SMS Competition merupakan yang ke-14  dan rutin diadakan setiap tahun sejak April 2004 untuk memperebutkan piala bergilir Bupati Gianyar.  Namun, piala bergilir baru diperebutkan sejak tahun 2013 dan tahun ini merupakan yang ke-7 kalinya.

Piala tersebut diberikan kepada juara umum peraih medali emas. Tahun lalu, piala bergilir Bupati Gianyar telah menjadi piala tetap di SDN 6 Gianyar, karena mampu mempertahankan piala tersebut secara berturut-turut. Sehingga, menurut Dewa Bawa, tahun ini The 14th SMS Competition dimulai dengan piala bergilir yang baru dengan wajah piala yang baru pula.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, menurut dia, SMS Competition telah sukses mengantarkan siswa berprestasi di bidang IPA, matematika, dan IPS. SMPN 1 Gianyar sebagai salah satu SMP unggulan di Kabupaten Gianyar sedang memantapkan diri sebagai sekolah RAPI, yakni sekolah ramah anak, prestasi, dan integritas.

Untuk itu, SMPN 1 Gianyar ditantang untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan eksistensi sebagai sekolah unggulan. “Salah satu cara yang ditempuh adalah mengadakan kegiatan yang berfungsi sebagai wahana komunikatif dan kompetitif guna meningkatkan prestasi siswa dalam mata pelajaran tertentu, serta menciptakan anak didik yang memiliki integritas yang tinggi, sehingga mereka mampu bersaing dalam dunia pendidikan,” paparnya.

Dewa Bawa menjelaskan, kompetisi tersebut bertujuan menjaring minat, bakat, dan prestasi pada tiga mata pelajaran tersebut. Selain itu, menjaring dan memfasilitasi siswa berprestasi sebagai salah satu upaya pejaminan mutu bagi SMPN 1 Gianyar

“Juga untuk memunculkan ide-ide inovatif dan kreatif dalam tiga mata pelajaran tersebut. Dari ajang ini, memang sudah terbukti kualitas siswanya. Mereka sering berprestasi mewakili SMPN 1 Gianyar dalam OSN hingga ke tingkat nasional,” ungkapnya.

Kompetisi tersebut juga diselenggarakan untuk menyongsong tahun ajaran 2018-2019. “Bagi siswa yang meraih prestasi di kompetisi SMS ini, akan kami rekomendasikan untuk diterima melalui jalur prestasi di sekolah kami, sepanjang mereka mau memanfaatkan kesempatan tersebut,” papar Dewa Bawa.

Ketua Panitia The 14th SMS Competition I Wayan Balik mengatakan tahun ini kompetisi diikuti 784 peserta dari siswa SD di seluruh Kabupaten Gianyar. Mereka akan memperebutkan 2 medali emas, 3 perak, dan 5 perunggu.

Untuk menghindari adanya kecurigaan dari para peserta, menurut Wayan Balik, pengumuman pemenang lomba akan dilakukan langsung seusai lomba. Pemeriksaan dilakukan oleh tim dan perangkingan dengan komputer.

Semua itu, kata Wayan Balik, dilakukan secara jelas dan transparan. Sehingga, hasil yang didapat adalah siswa yang benar-benar murni berprestasi di tiga mata pelajaran tersebut. (*/Sir)