Seniman Komik Manga Kampanye Bahaya Rudal Korut

oleh
banner 300250

Hokkaido, suarabali.com – Para seniman komik menggunakan manga untuk mendidik penduduk kota tentang bagaimana bereaksi terhadap ancaman rudal Korea Utara

Pulau Hokkaido Utara memakai komik manga untuk menginstruksikan penduduk bagaimana bersiap diri saat peluncuran rudal Korea Utara.

Prefektur tersebut berada di bawah jalur penerbangan rudal Utara dalam beberapa bulan terakhir dan kota telah mengatur latihan evakuasi untuk menghadapi ancaman serupa di masa depan.

“Kami telah menerima pertanyaan tentang bagaimana bereaksi dalam situasi tertentu,” kata pejabat pemerintah Prefektur Hokkaido, Jumat.

“Kami pikir akan sangat membantu untuk memberikan panduan dalam format yang mudah dimengerti.”

Komik berukuran empat halaman dengan ukuran A4 yang ditulis oleh seniman manga Manabu Yamamoto, yang tinggal di Hokkaido, menggambarkan beberapa skenario yang mungkin dihadapi orang saat sistem peringatan rudal pemerintah menderu nyaring, yang dikenal dengan alarm bahaya J-Alert, memperingatkan penduduk adanya rudal Korut meluncur.

Di sebuah sekolah, manga tersebut menggambarkan seorang guru yang menyuruh murid-muridnya menjauh dari jendela dan bersembunyi di bawah meja kerja.

Di sebuah taman, komik itu menunjukkan pelari wanita berlindung di toilet umum, sementara seorang petani terlihat menjaga jarak aman dari traktornya dan berbaring rendah di lapangan.

Manga ini juga menginstruksikan bagaimana bereaksi saat naik kapal di laut, atau saat di rumah, atau ketika pulang kerja di mobil.

Korea Utara, yang telah memicu ketegangan regional dengan program nuklirnya dan peluncuran rudal yang sering, menguji coba rudal balistik jarak menengah di selatan Hokkaido pada akhir Agustus, dan kemudian lagi di bulan September.

Peluncuran berturut-turut menimbulkan kekhawatiran di kalangan penduduk Hokkaido dan prefektur lainnya di dekat jalur penerbangannya.

Dalam beberapa bulan terakhir latihan evakuasi telah dilakukan di berbagai daerah secara nasional, sementara pemerintah telah meningkatkan kesadaran dengan memposting daftar langkah-langkah yang harus diikuti jika terjadi rudal di wilayah Jepang.

Manual manga, yang dapat dilihat di situs web pemerintah Hokkaido, akan didistribusikan dalam format digital ke sekolah dan seluruh kota di dalam prefektur.

“Kami percaya ini adalah kasus pertama di Jepang untuk sebuah prefektur untuk mengeluarkan instruksi evakuasi rudal dalam bentuk manga,” kata pejabat pemerintah tersebut. (Hsg)