Satgas Polisi Militer TNI UNIFIL Latih Polisi Lebanon

oleh
banner 300250

Lebanon, suarabali.com – Sebagai penerapan mandat UNIFIL dalam mendukung Pemerintah Lebanon, Division of Political and Civil Affairs (DPCA) dan UNIFIL International Military Police menggelar program Pelatihan Polisi Lebanon bertempat di UNIFIL HQ Naquora Lebanon.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua minggu ini, dibagi dalam dua sesi yaitu Internal Security Forces Training dan perihal Municipal Police Training.

Kegiatan ini bertujuan untuk berbagi pengalaman tentang penanganan kasus dari Polisi Militer berbagai negara dan meningkatkan pengetahuan, keterampilan para Polisi Lebanon.

Adapun materi yang dilatihkan diantaranya “Intervention Techniques and Drug Trafficking” oleh Italia Carabinieri, “Accident Handling and Patrols” oleh Polisi Militer Tanzania, “First Aid and HIV/Aids” oleh UNIFIL Hospital serta materi “Human Right “ oleh Police Advisor.

Satgas Polisi Militer TNI XXV-I/UNIFIL diberikan kepercayaan untuk memberikan dua materi yaitu Reporting on Incidents atau Pelaporan Kejadian yang dibawakan oleh Wadansatgas MPU Mayor Laut PM Choirul Anwar, dengan menjelaskan bagaimana langkah penyidik saat mendatangi tempat kejadian perkara, rekonstruksi serta pengambilan sidik jari.

Sedangkan materi kedua adalah Self Defence atau Beladiri Praktis baik teori maupun praktek yang disampaikan oleh SEMPU OIC SIS Lettu Cpm Ronald L. Gultom. Pada kegiatan ini antusiasme para peserta cukup tinggi dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan.

Komandan Satgas MPU Konga XXV-I/UNIFIL Letkol Cpm Joni Kuswaryanto, S.H. dalam sambutannya saat acara penutupan latihan, mengatakan bahwa diselenggarakannya kegiatan ini sangat baik dan berguna bagi kedua belah pihak, terutama bagi Polisi Negara Lebanon serta diharapkan semakin ditingkatkan baik kuantitas dan kualitas materi pelatihan sehingga para Polisi Negara semakin profesional dalam bertugas, selain bahwa kegiatan ini bisa menjadi program rutin pelatihan tahunan untuk Division of Political and Civil Affairs serta UNIFIL International Military Police.

Diakhir kegiatan, Kepala Division of Political and Civil Affairs mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas terlaksananya pelatihan ini dengan sukses dan memberikan penghargaan kepada Komandan Satgas MPU Konga XXV-I/UNIFIL dan peserta lainnya. (PEN KONGA UNIFIL)